Sidang HAM Digelar SBY Batal ke Belanda




Sidang kilat pengadilan negri Den Haag atas permintaan pemerintah RMS di pengasingan akan berlangsung  Selasa (5/10) siang waktu Belanda atau Selasa malam waktu Indonesia. Tuntutan RMS ini ditujukan kepada pemerintah Belanda untuk menahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat mengadakan kunjungan kenegaraan pada Rabu (6/10)di Belanda. RMS menuduh Presiden SBY melanggar hak-hak asasi manusia di Maluku.

Namun kemungkinan tuntutan RMS ini akan dikabulkan pengadilan Den Haag kecil sekali, demikian para pakar hukum setempat mengatakan. Rencananya Kamis (7/10)  siang waktu Belanda, RMS akan menggelar aksi protes pelanggaran HAM di Maluku, mereka memprotes penahanan 93 pengikut RMS oleh Pemerintah Indonesia. menurut John Wattilete, presiden RMS, yang mengutip laporan LSM hak-hak asasi manusia Amnesty Internasional dan Human Rights Watch, para pengikut RMS ini mengalami tindak kekerasan oleh aparat keamanan Indonesia.

Sidang tuntutan RMS inilah yang menyebabkan Presiden SBY menunda kunjungan kenegaraannya ke Belanda. Menurut jurubicara presiden Julian Aldrin Pasha, penundaan kunjungan presiden SBY dilakukan sampai ada kejelasan hasil persidangan tuntutan RMS di pengadilan Den Haag dan ada penjelasan dari pemerintah setempat. (Aley Kurnia)

Belum ada Komentar untuk "Sidang HAM Digelar SBY Batal ke Belanda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel