SEJARAH SINGKAT PENYIARAN




Perkembangan media massa komunukasi modern dewasa ini telah memungkinkanorang diseluruh dunia untuk dapat saling berkomunikasi. Hal ini dimunkinkan karena adanyaberbagai media (chanel) yang dapat digunakan sebagai sarana penyampaian pesan. Mediapenyiaran, yaitu radio dan elevise merupakan salah satu bentuk media massa yang efesiendalam mencapai audiennya dalam jumlah yang sangat banyak . karenanya media penyiaranmemegang peranan yang sangat penting dalamilmu komunukasi pada umumnya dankhususnya ilmu komunikasi massa.
Sejarah singkat tentang penyiaran
Media eletronik ,radio, dan televisi memilliki sejarah yang berbeda dari media cetak.Kita ketahui Sejarah media penyiaran dunia dapat dibagi menjadi dua bagian,yaitu sejarahmedia penyiaran sebagai penentu teknologi tekhnologi dan sejarah media penyiaran sebagaisuatu industry. Sejarah media penyiaran sebagai penemuan tekhnologi berawal dariditemukannya radio oleh para ahli tekhnik di Eropa dan Amerika. Sejarah media elevisesebagai suatu industry dimulai di Amerika.
Sejarah media penyiaran dunia di mulai ketika ahli fisika Jerman bernama HeinrichHertz pada tahun 1887 berhasil mengirim dan menerima gelombang radio. Upaya Hertz itukemudian dilanjutkan oleh Guklielmo Marconi (1874-1937) dari Italia yang sukses mengirimsinyal morse-berupa titik dan garis-dari sebuah pemancar kepada suatu alat penerima. Sinyalyang dikirim Marconi itu berhasil menyeberangi Samudera Atlantik pada tahun 1901 denganmengunakan gelombang elektromgnetik.
Sebelum perang duniaI meletus, Reginald Fessenden dengan dengan bantuanperusahaan General Electrik (GE) corporation Amerika berhasil menciptakan pebangkitgelombang radio kecepatan tinggi yang dapat mengirimkan suara manusia dan juga elev.Se ara itu tabung hampa udara yang ketika itu audion berhasilpula ment diciptakan. Penemuanaudion menjadikan penerimaan gelombang radoio menjadi lebih mudah.

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH SINGKAT PENYIARAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel