Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » 3 Cara Alami Untuk Melawan Cuaca Dingin
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Apa Anda pernah melihat film yang tokohnya berusaha bertahan di hidup di cuaca yang sangat dingin. Atau mungkin bahkan anda sendiri yang saat ini lagi berada di tempat yang lagi musim dingin seperti Hongkong,Taiwan dll..
Meski terlihat sepele cuaca dingin juga bisa membahayakan kesehatan, bahkan menyebabkan kematian.dan walaupun anda yang saat ini lagi berada di tempat cuaca dingin mudah-mudahan anda tetap sehat dalam lindungan Alloh SWT,Amin

Dan mungkin yang perlu anda tahu Tuhan menciptakan manusia ini sudah lengkap termasuk tubuh di lengkapi cara sendiri untuk bereaksi dan menyesuaikan diri dengan hawa dingin. Seperti halnya ketika menghadapi cuaca panas,Tuhan juga melengkapi cara-cara untuk mengatasi hawa dingin yang menerpanya. Agar dapat bertahan di cuaca dingin, tubuh harus mempertahankan temperatur hangat yang ada di dalam. Itulah salah satu Kuasa Tuhan..
Dan ini juga ada sedikit Trik cara untuk melawan hawa dingin,mungkin ada manfaatnya buat anda..

seperti dilansir oleh Live Science (02/01).

1. Mengurangi pengeluaran energi
Tubuh secara alami akan mencari sumber untuk membakar energi agar tetap hangat. Selain itu, tubuh juga akan mengalokasikan energi dengan sangat hati-hati ke semua bagian tubuh. Selama proses ini tubuh akan mengurangi beberapa kontraksi otot dan merealokasikan jumlah karbohidrat yang digunakan. Ketika temperatur menurun dan menjadi semakin dingin sistem saraf akan bekerja lebih pelan dan impuls yang menggerakkan otot-otot akan semakin lambat.

Tubuh akan lebih banyak menggunakan karbohidrat untuk memproduksi asam laktat. Asam laktat dikombinasikan dengan sistem saraf yang lambat akan membuat tubuh bekerja lebih pelan dan menahan panas di dalam tubuh.

2. Aliran darah berkurang
Cuaca dingin menyebabkan pembuluh darah mengerut dan aliran darah menjadi semakin pelan. Pembuluh darah yang pertama kali mengerut adalah di sekitar kulit jari, tangan, dan kaki. Itulah sebabnya daerah-daerah tubuh tersebut lebih cepat terasa dingin dibandingkan yang lain. Cara ini dilakukan tubuh untuk membatasi jumlah panas yang keluar, dan menjaga panas tetap di dalam.

Semakin banyak panas yang ada di dalam tubuh, semakin tinggi kemungkinan tubuh untuk bertahan. Namun cara ini juga berisiko bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi dan jantung. Pembuluh darah yang mengerut akan menyebabkan tekanan darah naik dan mempengaruhi bagaimana darah diterima oleh jantung. Ini juga membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya.

3. Mulai menggigil
Untuk menjaga temperatur tetap hangat, tubuh akan mencoba memproduksi panas dari dalam dengan membiarkan otot dan organ bergerak, yang kita namakan menggigil. Meski metode ini menggunakan lebih banyak energi dan tak cukup efisien untuk menghasilkan panas, namun peneliti menjelaskan bahwa metode ini baru dilakukan tubuh ketika temperatur pada kulit mulai dingin.

Sebenarnya tubuh kita sudah dibekali mekanisme alami untuk bertahan hidup. Ini sangat penting ketika manusia harus dihadapkan dengan cuaca yang berubah-ubah dan sangat buruk, baik panas maupun dingin. Namun ada kalanya pada kasus yang ekstrem, tubuh tak akan bisa mempertahankan panas dalam dirinya dan tak bisa memproduksi panas. Ketika hal ini terjadi, maka tubuh akan mengalami masalah yang bahkan bisa mengancam nyawa seperti hipotermia.

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar