Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Mp3 Wayang Kulit Lakon Mapar Tonggak - Ki Anom Suroto
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Sejarah masa lampau merupakan warisan dari para pendahulu yang seharusnya dijaga dan dilestarikan oleh para generasi berikutnya. Salah satunya adalah mahakarya yang terkenal dari Indonesia yaitu wayang kulit. Wayang kulit secara sederhana merupakan sebuah kesenian tradisional masyarakat Jawa yang dibuat dari kulit binatang dan diukir sedemikian rupa serta dimainkan oleh seorang dalang dan diiringi oleh musik tradisional pula yakni gamelan. Dalam pementasan wayang kulit disajikan sebuah cerita yang diambil dari kehidupaan sehari-hari sebagai contoh dan pedoman hidup seseorang.
Akan tetapi apa yang terjadi dengan perkembangan wayang kulit sekarang ini? Kesenian wayang kulit sekarang ini semakin hari semakin memudar, tidak seperti dahulu yang dipuja dan dikagumi oleh masyarakat luas. Banyak pertunjukan wayang kulit yang digelar pada saat ini untuk menghidupkan kembali masa kejayaan seperti jaman dulu, tapi sedikit sekali penonton untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut dikarenakan banyak anggapan yang menyebutkan bahwa wayang kulit itu sudah bukan jamanya lagi, ada juga yang berpendapat bahwa wayang kulit tersebut menggunakan bahasa yang kurang dimengerti oleh banyak khalayak dengan menggunakan bahasa Jawa.
Sebenarnya dibalik semua itu wayang kulit memiliki arti dan seni yang tinggi dilihat dari ukiran dan pesan-pesan yang disampaikan oleh seorang dalang. Banyak masyarakat sekarang ini yang tidak mengerti akan hal itu, dan kebanyakan adalah para generasi muda yang seharusnya dapat melestarikan kesenian wayang kulit ini. Para generasi muda sekarang ini cenderung ke arah dunia Barat dan sedikit demi sedikit meninggalkan unsur budaya tradisinya sendiri. Para generasi muda cenderung lebih percaya diri dengan mengakui budaya asing dari pada budaya sendiri. Baru-baru ini banyak klaim dari berbagai Negara yang menyebutkan bahwa wayang kulit adalah bagian dari kesenian mereka. 
Dan walaupun begitu kami dari pihak Radio Kurnia FM selalu berusaha untuk ikut melestarikan Budaya asli dari jawa ini, dan walupun sampai sekarang kami tak ada dukungan dari pihak manapun kami tetep sabar dan selalu memutar walau sekedar mp3nya di radio kami setiap seminggu sekali,di hari Sabtu malam minggu kami selalu memutar berbagai lakon dan dalang wayang indonesia, dengan harapan budaya kita yang memang sudah di akui Dunia ini tak akan punah dengan perkembangan jaman.
Dan bukan cuma itu saja kami juga berusaha untuk menyebar luaskan budaya ini lewat situs ini dengan harapan semoga anda yag mungkin saat ini sudah kesulitan mendapatkan file mp3 dll sekedar anda dengar dan ambil semua petuahnya bisa mengunduhnya.

Dan kali ini kembali saya pos salah satu mp3 Wayang Kulit dengan Ki Dalang Anom Suroto dengan Lakon Mapar Tonggak. bagi anda yang ingin mendengarkan silahkan anda Download Mp3nya secara Gratis di bawah,dengan catatan kami hanya ikut-ikut melestarikan budaya,bukan menjual karya orang lain kayak situs-situs yang tak jarang saya jumpai.
 
DOWNLOAD

  1. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3
  2. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3
  3. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3
  4. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3
  5. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3
  6. - MAPAR TONGGAK - Ki Anom Suroto.mp3

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar