Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Apa sih "plin plan" itu?
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama





Plin plan dalam kamus populer sering diartikan sebagai sikap seseorang yang tidak memiliki karakter yang tetap. Sedangkan dalam kamus psikologi, plin plan diartikan sebagai suatu kepribadian yang suka berubah-ubah karena dipengaruhi oleh kebutuhan yang dikehendaki dan jiwanya sering terombang-ambing oleh godaan yang membingungkannya saat akan mengambil keputusan.

Sering kali seseorang yang memiliki karakter plin plan dijauhi dan didiskriminasikan dari pergaulan karena dianggap orang yang tidak konsisten, selalu merepotkan karena dinilai "munafik", dan tidak dapat dipercaya . Tapi yang jelas  gimana pun juga, setiap orang pasti memiliki sisi baik dari sisi buruknya, dan memiliki niat baik dari niat buruknya .

Mungkin masih belum ada kesimpulan tentang "kenapa seseorang bisa memiliki karakter plin plan atau terbiasa plin plan?" Bahkan mungkin ada beribu-ribu manusia di dunia yang belum bisa menyembuhkan penyakit karakternya ini. Tidak munafik dan bisa jadi akupun juga salah satu dari beribu-ribu manusia tersebut.

Karakter lain yang kadang dapat muncul beriringan dengan gaya sikap plin plan adalah "nggak pede", "super negatif thinking", yang menyebabkan pikiran lebay sering meledak-ledak, bahkan sering berpikiran dan menilai orang yang nggak-nggak. Repot banget kan hidup kalau kita memiliki karakter seperti ini??? bukannya kita punya temen banyak, tapi kita justru terintimidasi dengan pengucilan teman-teman akan sikap kita....

Trus gimana dong solusinya???

Ada yang bilang, karakter yang seperti ini tidak akan dapat dibunuh, karena bagaimanapun juga gaya sikap itu adalah bagian yang sudah melekat dalam diri watak manusia. Tidak dapat diprediksikan kapan karakter itu akan muncul dan akan lenyap karena karakter itu biasanya muncul secara tiba-tiba dan tanpa disadari, misalnya saat seseorang  merasa grogi, dan sebagainya. Walaupun karakter plin plan ini tidak dapat dibunuh, tapi yang jelas masih bisa di atasi... kita hanya perlu menjinakkan karakter kita yang plin-plan tersebut dengan belajar dan menggali kelemahan dan sadar akan pola pikir kita sendiri.

Ada beberapa Tip di bawah yang mungkin bisa sedikit untuk memberi petunjuk tuk setiap langkah kita agar kita tak akan menyesal dalam semua keputusan :

1.Mencoba berpikir panjang sebelum berkata.
Salah satu ciri plin plan adalah perkataan yang sering berubah-ubah/tidak sesuai dengan apa yang diperbuat. Berdasarkan pola karakter ini, yang dapat aku simpulkan, mungkin sebaiknya kita berpikir masak-masak terlebih dulu sebelum kita menyampaikan suatu perkataan, keputusan, atau janji agar kita dapat dipercaya oleh orang lain.

2. Berbuat dan berbuat apa adanya.
Terkadang orang yang plin plan, saat berbuat kesalahan, dia selalu sulit untuk mengakui kesalahannya. Dia cenderung mencari-cari alasan yang tidak masuk akal untuk membela dirinya, padahal cara seperti itu justru akan mempersulit posisinya. Lebih baik jika kita berbuat kesalahan, kita jujur. Akui saja tiap kekurangan dalam diri kita, karena itu lebih baik agar kita memiliki motivasi untuk berubah dan sadar diri.

3. Perbanyak berpikir positif.
Seperti yang aku bilang, orang yang plin plan terkadang terlalu lebay untuk memikirkan sesuatu. Kadang selalu berpikiran yang tidak-tidak akan sesuatu yang belum terjadi. Inilah yang harus kita kurangi kawan... Gimanapun juga pikiran seperti ini sangat berbahaya untuk masa depan kita (ichhhh jadi aku yang lebay..hahaha). Setidaknya dengan berpikiran positif, itu dapat menenangkan batin kita, serta tidak akan mengganggu aktivitas kita yang lain.

4. Jangan suka terlalu cepatmenilai atau mengambil keputusan (intinya nggak usah sok.
Pasti udah ngerti kan maksud aku? Kita nggak akan bisa menebak apa yang ada dalam hati seseorang, dari pada kita salah tebak, mending diem dulu deh, biar nggak malu-maluin.

5. Jangan mudah percaya dan dipengaruhi orang lain.
Ini yang paling berbahaya. Dengan karakter yang plin plan, seseorang cenderung mudah untuk dirasuki, dan dipengaruhi oleh kata-kata orang lain. Dan itu sangat berbahaya karena dapat mendatangkan fitnah, dapat memperburuk kehidupan kita. Jangan sampe kita terjerumus dalam hasutan orang lain. Hal ini dapat diatasi dengan cara memperbanyak pikiran positif dan jangan percaya tanpa bukti yang cukup.

6. Sering-sering merefleksi diri kita, kesalahan kita, dan pola pikir kita.
Introspeksi diri atas kesalahan dan pola pikir kita yang salah adalah cara yang baik untuk menjaga kita dari sikap-sikap buruk. Paling tidak jika kita menyadari ada yang salah pada perkataan kita yang plin plan, sikap kita yang plin plan, jangan pernah menunda untuk minta maaf pada orang lain.. Jangan pernah gengsi, karena mungkin kesempatan nggak datang dua kali.

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar