Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Ironis Pedalangan Trenggalek 2012
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Pagelaran Ringgit Purwo (Wayang Kulit) Ing Trenggalek.
Dalam Pantauan Pecinta wayang Jatim dan beberapa rekan media Elektronika yang setia dalam melestarikan dan ikut nguri uri budaya adiluhung khususnya wayang kulit kabupaten Trenggalek, akan dikupas kupas walau belum tuntas.
Kabupaten Trenggalek tidak hanya daerah yang indah dengan panorama pemandangan alamnya yang 80% adalah pegunungan, juga tempat wisata Goa lawa, Pantai Prigi, Pantai Blado Pantai Jokreto Panggul dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu Trenggalek juga banyak wisata Kulinernya baik oleh oleh tempe kripik, manco dan sebagainya.
Kupas kupas tentang pedalangan Trenggalek, Trenggalek juga subur akan budaya wayang karena hamper tiap bulannya pasti ada pertunjukan wayang dan tidak hanya itu beberapa stasiun Radio bahkan setiap seminggunya pasti menyiarkan wayang kulit.
Team Pecinta wayang Jatim tidak hanya mendokumentasikan beberapa wayang kulit saja, akan tetapi sempat mendokumentasikan wayang krucil yang telah termarjinalkan.
Beberapa rekan Media elektronika pencari berita dan juga Pecinta Wayang Jatim sempat berbincang – bincang dengan pelaku seni khususnya dalang  - dalang muda Trenggalek yang masih konsisten dengan pedalangan untuk mencari nafkah. Adapun beberapa wawancara dan sharing serta hasil riset dari kalangan media elekronika dan Pengemar wayang di Kabupaten Trenggalek mulai Galau, trenyuh dan sedih ditahun 2012 ini…..kenapa tidak ?
Apa sebab galau dan sedihnya dari kalangan pengemar dan pelaku seni di Kabupaten Trenggalek ?.....antara lain adalah :
  1. Pepadi Trenggalek Selaku Wadah paguyuban dalang dalang di wilayah Trenggalek sampai saat ini terseok seok dan seolah olah Vacuum. Apa sebabnya , kemungkinan kurang dukungannya dari pihak Pemda atau instansi terkait yang menaungi Pepadi Trenggalek, atau kurang profesionalnya pengelolaan Pepadi tersebut dalam system management atau lobi lobinya.
  2. Terkait dengan nomor 1 mungkin karena kurangnya perhatian dari Pemda maka dalang dalang Trenggalek yang memiliki Potensi untuk tampil seolah olah Mati Suri atau pacecklik begitu lama, karena jarangnya tampil pada saat acara acara yang digelar oleh Pemda ataupun instansi instansi diwilayah Kabupaten Trenggalek.
  3. Masyarakat Pecinta wayang dikabupaten Trenggalek rindu akan suksesnya dalang dalang Trenggalek seperti masa lalu sehingga pernah terkenal seperti dalang Ki Gembong Sudikno, akan tetapi diera sekarang ini masih belum muncul juga.
  4. Keluhan pelaku senipun semakin muncul dikala adanya acara acara tingkat Pemda baik instansi instansi dalam melakukan beberapa sosialisasi dengan wayang kulitpun tidak pernah menggunakan dalang dalang Trenggalek yang tentu masih mampu dan potensial.
  5. Trenggalek memiliki dalang dalang yang tentu sudah tidak asing lagi baik audionya yang sudah beredar di internet seperti Ki Genit Santoso, Ki Hadi Sutikno sebagai dalang senior, Ki Sarmadi Sabdho Utomo Ssn dalang muda potensial yang malah terkenal diwilayah Surakarta, dan tentu nantinya akan banyak lagi muncul didunia maya.
  6. Masyarakatpun mengharapkan untuk pelaku seni khususnya wayang kulit diberikan porsi lebih untuk sekedar tampil diacara acara tingkat kabupaten yang tentu akan didukung penuh dari kalangan media local Trenggalek, atau mungkin pada acara ulang tahun kabupaten Trenggalek, karena daripada menghambur hamburkan dana besar hanya untuk menanggap dalang dari luar kota, alangkah baik dan bijaknya untuk pentas dalang dalang muda Trenggalek bahkan dengan dana tersebut tidak menutup kemungkinan bisa semua dalang muda akan tampil setiap malam  pada ulang tahun Kabupaten.
  7. Adanya unsur Politik yang tentu sedikit banyak mempengaruhi mundurnya pedalangan di wilayah Trenggalek sehingga minimnya tampil dan tentu kurang percayanya pihak pemerintah terhadap pelaku seni dikampungnya sendiri.

Kupas Kupas walau tidak tuntas ini sedikit mengelitik untuk penguasa, mohon maaf ini hanyalah sekedar sharing didunia maya.
Dari Pecinta wayang dan media eletronika yang telah berhasil mencari info  dan juga masyarakat pada umumnya yang telah ditemu oleh nara sumber mengharapkan maju terus Pedalangan Trenggalek Sukses slalu kami tetap mendukungmu….tak peduli apa kata Pemerintah.

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar