Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Faktor Penyebab Tidak Bisa Tidur atau Insomnia
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak bisa tidur atau susah tidur dan atau disebut dengan insomnia walaupun berbeda isitilah atau kata tetapi gejalanya sama, yaitu kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari. Sehingga hemat saya, istilah itu dikelompokan menjadi satu faham yaitu insomnia.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur.

Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi.

Menurut saya pribadi dan yang pernah dialami beberapa faktor penyebab tidak bisa tidur, diantaranya:
  1. Karena memang dalam jangka 1 x 24 jam sudah melakukan tidur.
  2. Dalam situasi dan keadaan lapar (perut kosong).
  3. Stress dan banyak hal yng dipikirkan.
  4. Sibuk dan dalam situasi sedang beraktivitas.
  5. Situasi dan kondisi yang tidak nyaman untuk tidur, baik tempat maupun suasana seperti gaduh.
  6. Pengaruh makanan, minuman dan atau obat yang menyebabkan tidak bisa tidur, seperti caffein, alkohol, dll.
  7. Memiliki kelainan seperti penyakit insomnia itu sendiri.
Ada juga yang bilang penyebab ndak bisa tidur seperti ini :
Stress
Tanpa disadari, masalah yang ada di dalam kehidupan Anda akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Terutama jika Anda adalah tipe pemikir dan sensitif, maka jangan heran apabila Anda punya masalah dengan tidur.

TIPS: Konsultasikan masalah Anda dengan para ahli, atau orang yang Anda percaya. Mandi dengan air garam hangat agar tubuh Anda lebih rileks. Lakukan pemanasan sebelum tidur agar otot-otot lemas dan tidak kaku. Dan minum segelas susu putih hangat agar tidur Anda lebih nyenyak.

Terlalu banyak minum
Terlalu banyak minum juga membuat Anda jadi susah tidur lho. Apalagi jika yang Anda minum adalah alkohol, atau minuman yang mengandung kafein dan nikotin. Semua minuman tersebut membuat Anda jadi selalu ingin buang air kecil. Akibatnya sebentar-sebentar Anda akan pergi ke kamar mandi dan terjaga sepanjang malam.

TIPS: jika memang Anda haus, cukup minum segelas air mineral saja. Hindari minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dan nikotin. Susu, juga salah satu minuman yang dianjurkan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Camilan tengah malam
Lapar di malam hari kerap dialami banyak orang. Dan akhirnya banyak pula yang memilih mencari camilan dengan alasan tak bisa tidur karena perut lapar. Anggapan ini ternyata tidak benar, karena setelah makan di malam hari justru kualitas tidur Anda tidak baik. Tubuh juga menimbun banyak kalori sehingga lebih mudah gemuk.

TIPS: jika Anda adalah tipe yang tak bisa tidur jika perut lapar. Pastikan di dalam lemari es ada beberapa potong buah-buahan. Gantikan snack tinggi kalori dengan buah dan cobalah untuk kembali tidur.

Penataan kamar tidur
Mungkin ada yang salah dengan penataan kamar tidur Anda. Sebaiknya ranjang tidak menghadap ke pintu atau jendela sehingga Anda bisa lebih konsen dengan tidur dan tidak silau terkena sinar dari luar ruangan.

Gangguan tak terduga
Siapa sangka jika kebiasaan buruk Anda nonton televisi di atas tempat tidur justru mengganggu tidur Anda. Tempat tidur adalah untuk tidur. Sehingga sangat bijaksana jika Anda tidak membawa pekerjaan, makan, atau menonton televisi di atas tempat tidur.

Kurang Olahraga
Tubuh perlu olahraga bukan hanya untuk menjaga berat badan saja, namun juga untuk menjaga kualitas tidur agar jauh dari ancaman insomnia. Saat berolahraga, aliran darah akan selalu lancar dan otot-otot juga lebih lemas, sehingga tubuh akan lebih mudah menuntut untuk beristirahat.

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar