Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Membuat Radio Streaming Gratis
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Radio adalah alat telekomunikasi yang tidak akan pernah mati. Radio sangat berperan saat proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia, dengan radio berita kemerdekaan lebih cepat tersampaikan. Begitu juga saat ini di jaman digital, radio juga tidak akan mati. Kita akan lebih mudah dalam membuat radio dengan adanya radio online/ radio streaming. Dengan adanya radio streaming, semua orang bisa membuat radio. Dan banyak layanan gratis yang ditawarkan oleh server-server streaming. Apabila tidak ingin gratisan tentu ada pula yang berbayar yang tentu akan menawarkan fasilitas yang lebih.
Yang dibutuhkan untuk membuat radio streaming diantaranya :
  • PC/laptop yang terkoneksi dengan internet (broadband)
  • Kabel  dari soundprocessor ke input line in soundcard komputer
  • Winamp untuk player lagu-lagu
  • Shoutcast Hosting
1. Konfigurasi Hosting
Kali ini saya akan membahas bagaimana membuat radio streaming secara gratis menggunakan freeshoutcast.com. Silahkan klik website tersebut di halaman home anda akan diberi opsi menggunakan fasilitas yang ditawarkan, tentu kali ini kita pilih free. Kita akan diarahkan ke menu signup seperti dibawah ini :

kita isi username, password, webplayer subdomain, webplayer radio name, www [website radio kita], email. setelah diisi kita klik register. Setelah sukses maka kita harus manage terlebih dahulu radio kita. Kita pilih menu your FreeSHOUTCast. Maka muncul menu seperti gambar dibawah, dan kita pilih manage.

Pada menu tersebut kita rubah password untuk radio tersebut. setelah sukses dirubah adalah kita perlu ingat alamat host radio, port radio dan password radio. itu yang kita gunakan untuk radio online kita nantinya. Setelah semua selesai sekaran kita klik menu “START” untuk menghidupkan radio kita. Tetapi hal itu belum semua, langkah-langkah tadi hanya untuk mensetting hosting radio online kita.
2. Konfigurasi Winamp
1. Kita install winamp pada PC/Laptop kita. Jika belum punya winamp silahkan download disini.
2. Setelah install winamp, kita download plugin dsp. Silhkan download disini. Setelah diinstall, kita Buka WinAmp > Option > Preferences (Ctrl + P) > DSP Effect > Nullsoft ShoutCAST Source DSP.
Pada Setting ShoutCAST Source : di tab Output, masukkan Address broadcast, Port dan password yang telah kita buat tadi.

  • Pada tab Encoder pilih MP3 Encoder, dan Encoder setting ke 32kbps.
  • Pada tab Input pilih Winamp(recommended)
  • kembali ke Tab Output, klik Connect.
Untuk saat ini radio kita telah terhubung keseluruh dunia. Apabila kita ingin siaran dengan suara sendiri? siapkan saja microphone lalu kembali atur menu ShoutCast Source > Input > Input device > Soundcard Input. Selesai.
Dan yang paling bagus juga dari layanan FreeShoutcast.com, radio kita bisa didengarkan di Blackberry, Android dan iPhone dengan Aplikasi NUX RADIO. Kita daftar ke web tersebut dengan mengirimkan address streaming beserta dengan portnya. Dan radio kitapun bisa didengarkan dimana saja dengan NUX RADIO.

Dari Tutorial di atas nungkin ada yang mau nyoba STREAMhosting gratis yang lain bisa coba di SINI

About Kurniafm Trenggalek

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar

pintar berekonomi mengatakan...

ngeaktifin servernya gimana?