23 Mei 2011

MyLanViewer3.3.1_DGN_CW

0 komentar

MyLanViewer is a powerful network scanner, file searcher and IP monitor for your home network. It displays your network computers an easy to read, buddy-list style window that provides the machine names, IP addresses, MAC addresses, shared resources and other technical details for each computer. It is able to monitor IP and show notification when states of some computers change. You can also view and access shared folders, terminate user sessions and disable shared resources. Easy to install and use, has friendly and beautiful interface.
Download

[read more..]

Folder Lock 6.2.4 Full

1 komentar

Folder Lock 6.2.4 Full


Folder Lock™ is a fast file encryption software that can also password protect folders, encrypt and lock files & folders, protect USB Drives and lock CD/DVDs. Works perfectly on all flavors of Windows 7, Vista, XP and 2000 (supports 64-bit OS as well).
Folder Lock creates encrypted storages called ‘Lockers’. You can keep as many of your private files & folders in your Locker and password protect it with a single click. You can transfer, secure and backup these Lockers. Lockers are portable, you can keep them in USB Drives, CD/DVD, & notebooks or transfer them via email or upload. These Lockers are undeletable on the computer where Folder Lock is installed.


You can create as many Lockers as you want. Different users can create different Lockers with different passwords as well. With Folder Lock, you can choose either to encrypt using 256-bit AES on-the-fly encryption or lock files, folders and drives anywhere on your computer. Each Locker can contain your encrypted files as well as your personal list of locked items.
Furthermore, Folder Lock’s options like hack monitoring, stealth mode, data shredding, history cleaning, auto protection, portable USB autoplay feature & virtual keyboard can enhance file locking and encryption beyond anything ever achieved. In addition, a locker’s delete, move and rename are password protected to prevent data loss.
Folder Lock is the most downloaded File Encryption Software in the market with more than 15 million downloads to date.
Features and Benefits
#256-bit AES encryption on-the-fly (military standard) for file protection.
#File Lock, Folder Lock, Drive Lock, File Encryption and Folder Encryption, all in one complete package.
#Full portability. Password protect USB Drive or Lock CDs and DVDs without the need to install it on the other end.
#Backup, Move, Email or transfer your password protected Lockers anywhere you want. All data sits in one place for easy backup.
#Undeletable Lockers (on the PC where Folder Lock is installed). Deletion requires you to login into Folder Lock.
#Shred files feature can secure delete original data when files & folders move to a Locker.
#Stealth Mode feature can efficiently hide all the traces of Folder Lock ever been installed on your PC.
#Windows History Cleaning. Removes traces that Windows leaves everytime Locker closes.
#Fastest Encryption! Data once encrypted is later decrypted in memory, preventing data recovery & slow processing.
#Complete Privacy! Whether it’s privacy, data theft, data loss, data leaks or virus attacks. You need Folder Lock!
Download
[read more..]

Duplicate File Cleaner 2.6.2.201 | 1.77 MB

0 komentar

Duplicate File Cleaner is a powerful and professional Tool that helps people to scan and clean a large amount of duplicate Photos, Music, Videos and Outlook Emails.
Benefits of Duplicate File Cleaner:
1. Fast Scan & Clean duplicate Songs, Photos, Outlook Emails
2. Instantly Free-up your Hard Disk Space
3. Make duplicate file management easier
4. Reduce your backup cost
5. Save your time and improve your work efficiency
Features of Duplicate file cleaner:
1.Fast Find&Clean duplicate Musics, Photos, Outlook Emails
2.Support Any Mobile Devices
3.Intelligently Scan Your System
4.You can easily and fast find out and clean various kinds of duplicate files for you.
5. Flexible Scan option
6. Safely search for duplicates from selected folders or drivers
7. Easy to Use and User-Friendly Interface
8. Duplicate file management - remove only unnecessary duplicates
9. Export the list of duplicate to HTML document
10. Service is also a Great Feature
Home page - http://www.duplicatefilecleaner.com/
[read more..]

19 Mei 2011

Mari Kita Lestarikan Wayang Kulit

0 komentar
Kita sebagai Warga Indonesia saat ini merasa jarang sekali bisa menonton pertunjukan wayang kulit secara live, karena memang budaya yang satu ini sudah agak tergeser dengan hiburan lainya seperti televisi,Game, dan lain-lain.
Sebagai warga indonesia kita berkewajiban menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal kita, jangan sampai nanti di daerah kita sendiri sudah tidak nampak kebudayaan aslinya tetapi tahu-tahu kebudayaan kita malah muncul ti tempat lain, kalau begitu salah siapa? mereka kah yang salah karena belajar dan menampilkan kebudayaan kita di tempat mereka atau salah kita yang tidak bisa menjaga kebudayaan kita sendiri? inilah yang sering terjadi di negeri kita ini.




Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata Ma Hyang artinya menuju kepada yang maha esa, . Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar.
Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Bahkan pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ). Wayang kulit lebih populer di Jawa bagian tengah dan timur, sedangkan wayang golek lebih sering dimainkan di Jawa Barat.

Pembuatan wayang kulit dibuat dari bahan kulit kerbau yang sudah diproses memjadi kulit lembaran, perbuah wayang membutuhkan sekitar ukuran 50 x 30 cm kulit lembaran yang kemudian dipahat dengan peralatan yang digunakan adalah besi berujung runcing berbahan dari baja yang berkualitas baik. Besi baja ini dibuat terlebih dahulu dalam berbagai bentuk dan ukuran, ada yang runcing, pipih, kecil, besar dan bentuk lainnya yang masing-masing mempunyai fungsinya berbeda-beda. Namun pada dasarnya, untuk menata atau membuat berbagai bentuk lubang ukiran yang sengaja dibuat hingga berlubang. Selanjutnya dilakukan pemasangan bagian-bagian tubuh seperti tangan, pada tangan ada dua sambungan, lengan bagian atas dan siku, cara menyambungnya dengan sekrup kecil yang terbuat dari tanduk kerbau atau sapi. Tangkai yang fungsinya untuk menggerak bagian lengan yang berwarna kehitaman juga terbuat berasal dari bahan tanduk kerbau dan warna keemasannya umumnya dengan menggunakan prada yaitu kertas warna emas yang ditempel atau bisa juga dengan dibron, dicat dengan bubuk yang dicairkan. Wayang yang menggunakan prada, hasilnya jauh lebih baik, warnanya bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan yang bront.
[sunting] Jenis-jenis Wayang Kulit Berdasar Daerah
Wayang kulit dilihat pada sisi bayangannya.
* Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta
* Wayang Kulit Gagrag Surakarta
* Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
* Wayang Kulit Gagrag Jawa Timuran
* Wayang Bali
* Wayang Kulit Banjar (Kalimantan Selatan)
* Wayang Palembang (Sumatera Selatan)
* Wayang Betawi (Jakarta)
* Wayang Cirebon (Jawa Barat)
* Wayang Madura (sudah punah)
* Wayang Siam

Dalang Wayang Kulit
Dalang-dalang wayang kulit yang mencapai puncak kejayaan dan melegenda antara lain almarhum Ki Narto Sabdo (Semarang, gaya Solo), almarhum Ki Surono (Banjarnegara, gaya Banyumas), Ki Timbul Hadi Prayitno (Yogya), almarhum Ki Hadi Sugito (Kulonprogo, Jogjakarta),Ki Soeparman (gaya Yogya), Ki Anom Suroto (gaya Solo), Ki Manteb Sudarsono (gaya Solo), Ki Enthus Susmono, Ki Agus Wiranto. Sedangkan Pesinden yang legendaris adalah almarhumah Nyi Tjondrolukito Dan masih banyak sekali lainnya.
[read more..]

Wayang Kulit sebagai Salah Satu Alat Penyebaran Islam Di Indonesia

0 komentar
Wayang kulit sebagai salah satu dari berbagai akar budaya seni tradisional Indonesia, pada masa lampau, terutama di Jawa, ikut berperan penting terhadap perkembangan agama Islam di negeri ini.

Agama Islam berkembang ke berbagai pelosok dunia termasuk di Indonesia. Kedatangan agama Islam ke negeri ini telah melewati beberapa negara di dunia sudah barang tentu memiliki adat, kebiasaan dan kebudayaan sendiri yang sedikit banyak telah memengaruhi perkembangan agama Islam yang masuk ke Indonesia. Sehingga telah mengalami penyesuaian-penyesuaian, termasuk penyebaran melalui seni tradisional wayang kulit.
Bahkan ada sekelompok tokoh ulama yang besar peranannya dalam menopang berdirinya kerajaan Demak, yang dikenal dengan sebutanwali sanga (sembilan wali).

Kesembilan wali yang bergelar sunan itu adalah: Sunan Ampel, Sunan Gunungjati, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, dan Syeh Siti Jenar (Syeh Lemah Abang).

Mereka adalah para ulama yang sangat terkenal khususnya di Jawa, sebagai penyebar ajaran Islam. Tokoh sunan memiliki kelebihan-kelebihan gaib, dan kekuatan batin yang lebih serta memiliki ilmu yang tinggi, mereka adalah orang yang dekat dengan Allah.

Para wali tidak hanya berkuasa di dalam keagamaan, tetapi juga berkuasa dalam pemerintahan dan politik. Di samping itu para wali merupakan pengembang kebudayaan dan kesenian yang handal.

Oleh mereka kesenian Jawa berkembang hingga mencapai puncaknya yang kemudian dikenal dengan seni klasik. Salah satu kesenian yang hinga kini tetap populer adalah wayang kulit purwa.

Asli Indonesia

Banyak orang beranggapan bahwa seni wayang berasal dari Negeri India. Padahal menurut R.Gunawan Djajakusumah dalam bukunya Pengenalan Wayang Golek Purwa di Jawa Barat, hal itu tidak benar. Wayang adalah kebudayaan asli Indonesia (khususnya di Pulau Jawa).

Perkataan wayang berasal dari Wad an Hyang, artinya "leluhur", tapi ada juga yang berpendapat yaitu dari kata "bayangan". Adapun yang berpendapat bahwa wayang berasal dari negeri India mungkin melihat dari asal ceritanya yaitu mengambil dari cerita Ramayana dan Mahabrata. Tetapi selanjutnya cerita-cerita itu diubah dan direkayasa disesuaikan dengan kebudayaan di Jawa, katanya.

Wayang kulit merupakan produk budaya yang dihasilkan jauh sebelum agama Islam masuk di Indonesia yang keberadaannya masih dipertahankan. Namun dalam kelangsungannya wayang kulit ini mengalami perubahan drastis baik menyangkut bentuk maupun pemaknaannya.

Wayang kulit purwa yang telah menemukan bentuknya pada masa Hindu di Jawa, di masa Islam ini mengalami perubahan di segala bidang dari tampilan wujud maupun fungsi disesuaikan dengan ajaran-ajaran dan aturan dalam agama Islam.

Memasuki masa Islam di Indonesia, wayang kulit purwa berkembang pesat setelah terjadi akulturasi antara budaya lama dengan budaya baru yaitu ajaran Islam, sehingga wujud wayang kulit menjadi suatu karya seni yang tinggi nilainya.

Pada masa Islam ini ditegaskan bahwa penggunaan kulit sebagai bahan baku wayang yang sebelumnya belum disebutkan secara jelas, tetapi pada masa ini digunakan kulit binatang kerbau.

Stilasi bentuk wayang kulit purwa sudah sangat jauh dari sumbernya, namun demikian bentuk wayang kulit masih dapat dikenali bagian-bagiannya. Bentuk wayang kulit purwa yang telah digayakan sedemikian jauh itu membuat sangat berbeda dengan wujud manusia.

Gaya penggambaran wayang kulit purwa yang demikian itu merupakan pilihan para ahli pada saat itu dan merupakan akibat dari langkanya penggambaran secara realistik.

Hal ini ditempuh agar wayang kulit purwa dapat tampil dengan baik dan tidak melanggar larangan menurut ajaran agama Islam, dengan demikian wayang kulit purwa sudah dapat diterima dalam agama Islam, karena tidak lagi menggambarkan manusia atau binatang secara realistis.

Kenyataannya wujud wayang kulit purwa sudah berbeda jauh dengan gambaran manusia, walau wayang kulit memiliki mata, hidung, dan mulut orang.

Namun demikian dengan hidung yang runcing, mata sipit dan panjang, serta bentuk mulut yang berkelok-kelok, dan leher yang kecil sebesar lengan, tangan yang panjang hingga menyentuh kaki tokoh, Arjuna nampak sebagai sosok yang bagus dan rupawan, sehingga menjadi idola masyarakat pendukung wayang kulit purwa. Sumber Ide

Budaya keislaman dalam wayang kulit purwa tidak saja dijumpai pada wujudnya saja, tetapi ditemukan pula pada istilah-istilah dalam bahasa padhalangan, bahasa wayang, nama tokoh wayang, dan lakon (cerita) yang dipergelarkan.

Satu hal yang sangat menonjol dalam pengambaran wayang kulit terlihat pada penggambaran tokoh Bathara Guru salah satu tokoh dewa yang bertangan empat, masih mengacu pada penggambaran tokoh dari masa-masa hindu yang terdapat pada relief candi.

Wayang kulit purwa yang diwujudkan dalam masa Islam di Indonesia ini berkembang di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur termasuk Madura, dan Yogyakarta, serta daerah lain yang mendapat pengaruh agama Islam.

Jenis wayang kulit purwa ini tetap lestari hidup hingga sekarang dan menjadi sumber ide dalam penciptaan bentuk wayang kulit baru yang sesuai dengan jiwa sekarang dan perkembangan jaman.

Pengaruh Islam dalam wayang kulit purwa tidak saja pada bentuknya, tetapi telah merambah pula pada aspek simbolisasi dan berkaitan pula dengan aspek lainnya yang berhubungan dengan pergelaran wayang kulit purwa. Sehingga kelestariannya patut untuk dijaga, karena merupakan salah satu bagian dari seni budaya bangsa yang menjadi saksi sejarah perkembangan bangsa, khususnya perkembangan agama Islam di Indonesia.


Sumber  :REPUBLIKA
[read more..]

17 Mei 2011

Hari Jadi Trenggalek

0 komentar

Berdasar hasil penggalian tim sejarah Trenggalek, yakni Prasasti Kamulan, Kabupaten Trenggalek berdiri pada 31 Agustus 1194 M. Setiap tahun “Hari Jadi” ini diperingati oleh masyarakat Trenggalek dengan menyelenggarakan upacara adat di Pendopo Kabupaten. Sehari sebelum peringatan, dilakukan acara ziarah ke makam-makam leluhur/pendahulu Trenggalek, malam tirakatan, tadarus dan lain-lain. Dan, acara puncak, kirab keliling kota diselenggarakan tepat pada tanggal 31 Agustus

Kirab keliling kota diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat Trenggalek dengan berpakaian adat jawa dan diiringi berbagai kesenian dan permainan tradisional. Pada malam harinya, berbagai pertunjukan kesenian digelar.Termasuk yang tak pernah ketinggalan adalah pagelaran Wayang kulit semalam suntuk,yang setiap tahunya selalu menghadirkan Dalang-dalang Kondang di Indonesia.
Event tersebut merupakan atraksi wisata yang menarik sehingga setiap penyelenggaraannya selalu diramaikan oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Trenggalek.
[read more..]

Seni Dan Budaya Trenggalek

0 komentar
Kesenian Trenggalek yang terkenal adalah Jaranan, yang terdapat pada semua (14) kecamatan yang ada di kabupaten Trenggalek. Bahkan pada masing-masing kecamatan terdapat sekitar 20-30 organisasi Jaranan, menyebar pada 159 desa. Diantara jenis Jaranan yang populer antara lain: Jaranan Senterewe, Turonggo Yakso, Jaranan Pegon, Jaranan Breng, dan Jaranan Campursari. Dibanding Tulungagung, keberadaan Jaranan di Trenggalek lebih bagus. Setidaknya selama 8 (delapan) tahun terakhir ini Festival Jaranan diselenggarakan tiap tahun, pada bulan Agustus (biasanya tanggal 25-29), berlangsung selama 3 (tiga) malam.
Diantara jenis-jenis Jaranan tersebut, Turonggo Yakso dijadikan ikon Kabupaten Trenggalek, karena merupakan jenis jaranan satu-satunya yang hanya ada di Trenggalek. Selama ini jaranan ini dikembangkan di sekolah-sekolah, tiap sekolah (SD, SMP, SMA) sudah memiliki kelompok Jaranan Turonggo Yakso, sudah didaftarkan untuk mendapatkan Hak Cipta sebagai kesenian khas Trenggalek. Juga sering diundang dalam even-even terhormat, seperti dalam HUT Kodam V Brawijaya di Surabaya, yang mendatangkan tarian massal Turonggo Yakso dengan melibatkan 220 penari yang terdiri dari pelajar SD se-kecamatan Trenggalek. Disamping itu, peningkatan kualitas dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan tari Turonggo Yakso dilakukan terhadap para utusan desa di 10 kecamatan. Diusulkan, pemerintah bersedia membangun patung Turonggo Yakso setelah dipatenkan nanti. Selain itu, diusulkan pula penyelenggaraan Festival Turonggo Yakso khusus pelajar dengan memperebutkan Bupati Cup.
Tetapi pada saat yang sama, sebetulnya kesenian bernuansa religius Islami juga tumbuh subur di Trenggalek. Hampir setiap masjid memiliki kelompok hadrah, setiap tahun juga diselenggarakan Festival Hadrah, juga pada bulan Agustus (tanggal 20-23), untuk menyemarakkan HUT Kabupaten Trenggalek tanggal 31 Agustus. Disamping itu juga ada Parade Terbang Jidor. Nuansa Islami ini sedikit banyak dipengaruhi oleh latar belakang Bupati dan Wakil Bupatinya, yaitu H. Soeharto dan Maksun Ismail, S.Ag, MM.
Perhatian pemerintah pada organisasi kesenian, antara lain ditunjukkan pada bantuan rutin keuangan sebesar Rp 750.000 untuk setiap organisasi kesenian yang tercatat dalam Nomor Induk Kesenian (NIK). Dengan catatan, bantuan itu diberikan setelah organisasi yang bersangkutan mengajukan rencana kegiatan.
Kelembagaan kesenian di kabupaten Trenggalek secara figur terpusat pada sosok Drs. Soeparni, M.Si, Kepala Seksi Kebudayaan Dinas P dan K, merangkap Ketua Umum Dewan Kesenian Trenggalek (DKT) dan juga ketua Pepadi (Pedalangan) Komcab Trenggalek. Sebelumnya, Soeparni adalah Kepala UPK (Unit Pendidikan Kecamatan) Tugu, sejak April 2006 bertukar posisi dengan Soekamto, Ssn, M.Ed, yang sekarang menempati jabatan Soeparni yang lama.
Menurut Soeparni, tidak ada dana operasional khusus untuk DKT. Kegiatan yang pernah diselenggarakan misalnya Festival Jaranan, diselenggarakan oleh Pemkab dan dilaksanakan oleh Pramuka dan DKT selaku organisernya. Tiap Sabtu malam (minggu terakhir) setiap bulan menggelar pertunjukan Wayang Kulit, pergelaran Seni Hadrah, Jaranan aau Terbang Jidor. Kondisi seni teater justru hidup di kalangan pelajar. Dalam sebuah Festival Teater SMA yang diselenggarakan, diikuti leh 14 grup teater sekolah. Secara tertulis, kepengurusan DKT terdiri dari: Sekretaris (Heru), Komite Musik Diatonis (Sidik), Musik Pentatonis (Sudir), Pedalangan (Lukito), Seni Rupa (Drs. Sunyoto), seni tari (Sutiyono), Teater (Agus Muharwanto), Sastra (Drs. Kuncorowati). Nama-nama kepengurusan ini akan segera dirombak, terkait dengan rencana pengunduran diri Soekarni selaku Ketua Umum karena tidak ingin merangkap jabatan sebagai Kasi Kebudayaan.
Demikian pula kepengurusan Pepadi, Soeparni sebetulnya menjabat sebagai Sekretaris, namun dipercaya menggantikan posisi ketua (Sulardi) yang meninggal dunia. Wakil Ketua dijabat Lukito. Perombakan pengurus akan dilakukan dalam Muscab yang direncanakan berlangsung awal tahun 2007. Kelembagaan kesenian lain yang eksis di Trenggalek misalnya Ishari (Ikatan Seni Hadrah) dengan ketua Drs. H. Rifana Jainudin, seorang anggota DPRD. Juga Paguyuban Waranggono, ketuanya; Ibu Muniastuti dari Gandusari, Paguyuban Pramugari Tayub dengan ketua Wakiman (Pogalan), ada juga Sanggar Seni Rupa Cruut dan Ikatan Mahasiswa Trenggalek yang aktif mengadakan kegiatan kesenian. Sementara Sanggar Triwida yang berpusat di Tulungagung, banyak anggotanya yang berdiam di Trenggalek, antara lain: Gatot Sutiono, penulis geguritan yang baru saja memenangkan Lomba Geguritan Tingkat Jatim (2006) di Museum Mpu Tantular Surabaya. 

Sumber : brangwetan 
[read more..]

16 Mei 2011

Sejarah Wayang Kulit

0 komentar
WAYANG salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.
Menurut penelitian para ahli sejarah kebudayaan, budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia.

Penyesuaian konsep filsafat ini juga menyangkut pada pandangan filosofis masyarakat Jawa terhadap kedudukan para dewa dalam pewayangan. Para dewa dalam pewayangan bukan lagi merupakan sesuatu yang bebas dari salah, melainkan seperti juga makhluk Tuhan lainnya, kadang-kadang bertindak keliru, dan bisa jadi khilaf. Hadirnya tokoh panakawan dalam_ pewayangan sengaja diciptakan para budayawan In­donesia (tepatnya budayawan Jawa) untuk mem­perkuat konsep filsafat bahwa di dunia ini tidak ada makhluk yang benar-benar baik, dan yang benar-benar jahat. Setiap makhluk selalu menyandang unsur kebaikan dan kejahatan.

Dalam disertasinya berjudul Bijdrage tot de Kennis van het Javaansche Tooneel (1897), ahli sejarah kebudayaan Belanda Dr. GA.J. Hazeau menunjukkan keyakinannya bahwa wayang merupakan pertunjukan asli Jawa. Pengertian wayang dalam disertasi Dr. Hazeau itu adalah walulang inukir (kulit yang diukir) dan dilihat bayangannya pada kelir. Dengan demikian, wayang yang dimaksud tentunya adalah Wayang Kulit seperti yang kita kenal sekarang.

Asal Usul
Mengenai asal-usul wayang ini, di dunia ada dua pendapat. Pertama, pendapat bahwa wayang berasal dan lahir pertama kali di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Pendapat ini selain dianut dan dikemukakan oleh para peneliti dan ahli-ahli bangsa Indonesia, juga merupakan hasil penelitian sarjana-sarjana Barat. Di antara para sarjana Barat yang termasuk kelompok ini, adalah Hazeau, Brandes, Kats, Rentse, dan Kruyt.

Alasan mereka cukup kuat. Di antaranya, bahwa seni wayang masih amat erat kaitannya dengan keadaan sosiokultural dan religi bangsa Indonesia, khususnya orang Jawa. Panakawan, tokoh terpenting dalam pewayangan, yakni Semar, Gareng, Petruk, Bagong, hanya ada dalam pewayangan Indonesia, dan tidak di negara lain. Selain itu, nama dan istilah teknis pewayangan, semuanya berasal dari bahasa Jawa (Kuna), dan bukan bahasa lain.

Sementara itu, pendapat kedua menduga wayang berasal dari India, yang dibawa bersama dengan agama Hindu ke Indonesia. Mereka antara lain adalah Pischel, Hidding, Krom, Poensen, Goslings, dan Rassers. Sebagian besar kelompok kedua ini adalah sarjana Inggris, negeri Eropa yang pernah menjajah India.

Namun, sejak tahun 1950-an, buku-buku pe­wayangan seolah sudah sepakat bahwa wayang memang berasal dari Pulau Jawa, dan sama sekali tidak diimpor dari negara lain.

Budaya wayang diperkirakan sudah lahir di Indo­nesia setidaknya pada zaman pemerintahan Prabu Airlangga, raja Kahuripan (976 -1012), yakni ketika kerajaan di Jawa Timur itu sedang makmur-makmur­nya. Karya sastra yang menjadi bahan cerita wayang sudah ditulis oleh para pujangga Indonesia, sejak abad X. Antara lain, naskah sastra Kitab Ramayana Kakawin berbahasa Jawa Kuna ditulis pada masa pemerintahan raja Dyah Balitung (989-910), yang merupakan gubahan dari Kitab Ramayana karangan pujangga In­dia, Walmiki. Selanjutnya, para pujangga Jawa tidak lagi hanya menerjemahkan Ramayana dan Mahabarata ke bahasa Jawa Kuna, tetapi menggubahnya dan menceritakan kembali dengan memasukkan falsafah Jawa kedalamnya. Contohnya, karya Empu Kanwa Arjunawiwaha Kakawin, yang merupakan gubahan yang berinduk pada Kitab Mahabarata. Gubahan lain yang lebih nyata bedanya derigan cerita asli versi In­dia, adalah Baratayuda Kakawin karya Empu Sedah dan Empu Panuluh. Karya agung ini dikerjakan pada masa pemerintahan Prabu Jayabaya, raja Kediri (1130 - 1160).

Wayang sebagai suatu pergelaran dan tontonan pun sudah dimulai ada sejak zaman pemerintahan raja Airlangga. Beberapa prasasti yang dibuat pada masa itu antara lain sudah menyebutkan kata-kata "mawa­yang" dan `aringgit' yang maksudnya adalah per­tunjukan wayang.

Mengenai saat kelahiran budaya wayang, Ir. Sri Mulyono dalam bukunya Simbolisme dan Mistikisme dalam Wayang (1979), memperkirakan wayang sudah ada sejak zaman neolithikum, yakni kira-kira 1.500 tahun sebelum Masehi. Pendapatnya itu didasarkan atas tulisan Robert von Heine-Geldern Ph. D, Prehis­toric Research in the Netherland Indie (1945) dan tulisan Prof. K.A.H. Hidding di Ensiklopedia Indone­sia halaman 987.

Kata `wayang' diduga berasal dari kata `wewa­yangan', yang artinya bayangan. Dugaan ini sesuai dengan kenyataan pada pergelaran Wayang Kulit yang menggunakan kelir, secarik kain, sebagai pembatas antara dalang yang memainkan wayang, dan penonton di balik kelir itu. Penonton hanya menyaksikan gerakan-gerakan wayang melalui bayangan yang jatuh pada kelir. Pada masa itu pergelaran wayang hanya diiringi oleh seperangkat gamelan sederhana yang terdiri atas saron, todung (sejenis seruling), dan kemanak. Jenis gamelan lain dan pesinden pada masa itu diduga belum ada.

Untuk lebih menjawakan budaya wayang, sejak awal zaman Kerajaan Majapahit diperkenalkan cerita wayang lain yang tidak berinduk pada Kitab Ramayana dan Mahabarata. Sejak saat itulah cerita­cerita Panji; yakni cerita tentang leluhur raja-raja Majapahit, mulai diperkenalkan sebagai salah satu bentuk wayang yang lain. Cerita Panji ini kemudian lebih banyak digunakan untuk pertunjukan Wayang Beber. Tradisi menjawakan cerita wayang juga diteruskan oleh beberapa ulama Islam, di antaranya oleh para Wali Sanga. Mereka mulai mewayangkan kisah para raja Majapahit, di antaranya cerita Damarwulan.

Masuknya agama Islam ke Indonesia sejak abad ke-15 juga memberi pengaruh besar pada budaya wayang, terutama pada konsep religi dari falsafah wayang itu. Pada awal abad ke-15, yakni zaman Kerajaan Demak, mulai digunakan lampu minyak berbentuk khusus yang disebut blencong pada pergelaran Wayang Kulit.

Sejak zaman Kartasura, penggubahan cerita wayang yang berinduk pada Ramayana dan mahabarata makin jauh dari aslinya. Sejak zaman itulah masyarakat penggemar wayang mengenal silsilah tokoh wayang, termasuk tokoh dewanya, yang berawal dari Nabi Adam. Sisilah itu terus berlanjut hingga sampai pada raja-raja di Pulau Jawa. Dan selanjutnya, mulai dikenal pula adanya cerita wayang pakem. yang sesuai standar cerita, dan cerita wayang carangan yang diluar garis standar. Selain itu masih ada lagi yang disebut lakon sempalan, yang sudah terlalu jauh keluar dari cerita pakem.

Memang, karena begitu kuatnya seni wayang berakar dalam budaya bangsa Indonesia, sehingga terjadilah beberapa kerancuan antara cerita wayang, legenda, dan sejarah. Jika orang India beranggapan bahwa kisah Mahabarata serta Ramayana benar-benar terjadi di negerinya, orang Jawa pun menganggap kisah pewayangan benar-benar pernah terjadi di pulau Jawa. Entahlah,yang jelas pagelaran wayang adalah menggambarkan kehidupan manusia di dunia,sekuat apapun dan sekaya apapun,sehebat apapun,semua adalah kehendak sang Dalang.
[read more..]

Budaya-Wayang Kulit

0 komentar
Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia, yang terutama berkembang di Jawa dan di sebelah timur semenanjung Malaysia seperti di Kelantan dan Terengganu. Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar.
Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ). Wayang kulit lebih populer di Jawa bagian tengah dan timur, sedangkan wayang golek lebih sering dimainkan di Jawa Barat.

Wayang Kulit dan Warisannya

Wayang kulit adalah seni pertunjukan yang telah berusia lebih dari setengah milenium. Kemunculannya memiliki cerita tersendiri, terkait dengan masuknya Islam Jawa. Salah satu anggota Wali Songo menciptakannya dengan mengadopsi Wayang Beber yang berkembang pada masa kejayaan Hindu-Budha. Adopsi itu dilakukan karena wayang terlanjur lekat dengan orang Jawa sehingga menjadi media yang tepat untuk dakwah menyebarkan Islam, sementara agama Islam melarang bentuk seni rupa. Alhasil, diciptakan wayang kulit dimana orang hanya bisa melihat bayangan.
Pagelaran wayang kulit dimainkan oleh seorang yang kiranya bisa disebut penghibur publik terhebat di dunia. Bagaimana tidak, selama semalam suntuk, sang dalang memainkan seluruh karakter aktor wayang kulit yang merupakan orang-orangan berbahan kulit kerbau dengan dihias motif hasil kerajinan tatah sungging (ukir kulit). Ia harus mengubah karakter suara, berganti intonasi, mengeluarkan guyonan dan bahkan menyanyi. Untuk menghidupkan suasana, dalang dibantu oleh musisi yang memainkan gamelan dan para sinden yang menyanyikan lagu-lagu Jawa.
Tokoh-tokoh dalam wayang keseluruhannya berjumlah ratusan. Orang-orangan yang sedang tak dimainkan diletakkan dalam batang pisang yang ada di dekat sang dalang. Saat dimainkan, orang-orangan akan tampak sebagai bayangan di layar putih yang ada di depan sang dalang. Bayangan itu bisa tercipta karena setiap pertunjukan wayang memakai lampu minyak sebagai pencahayaan yang membantu pemantulan orang-orangan yang sedang dimainkan.
Setiap pagelaran wayang menghadirkan kisah atau lakon yang berbeda. Ragam lakon terbagi menjadi 4 kategori yaitu lakon pakem, lakon carangan, lakon gubahan dan lakon karangan. Lakon pakem memiliki cerita yang seluruhnya bersumber pada perpustakaan wayang sedangkan pada lakon carangan hanya garis besarnya saja yang bersumber pada perpustakaan wayang. Lakon gubahan tidak bersumber pada cerita pewayangan tetapi memakai tempat-tempat yang sesuai pada perpustakaan wayang, sedangkan lakon karangan sepenuhnya bersifat lepas.
Cerita wayang bersumber pada beberapa kitab tua misalnya Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa dan Purwakanda. Kini, juga terdapat buku-buku yang memuat lakon gubahan dan karangan yang selama ratusan tahun telah disukai masyarakat Abimanyu kerem, Doraweca, Suryatmaja Maling dan sebagainya. Diantara semua kitab tua yang dipakai, Kitab Purwakanda adalah yang paling sering digunakan oleh dalang-dalang dari Kraton Yogyakarta. Pagelaran wayang kulit dimulai ketika sang dalang telah mengeluarkan gunungan. Sebuah pagelaran wayang semalam suntuk gaya Yogyakarta dibagi dalam 3 babak yang memiliki 7 jejeran (adegan) dan 7 adegan perang. Babak pertama, disebut pathet lasem, memiliki 3 jejeran dan 2 adegan perang yang diiringi gending-gending pathet lasem. Pathet Sanga yang menjadi babak kedua memiliki 2 jejeran dan 2 adegan perang, sementara Pathet Manura yang menjadi babak ketiga mempunyai 2 jejeran dan 3 adegan perang. Salah satu bagian yang paling dinanti banyak orang pada setiap pagelaran wayang adalah gara-gara yang menyajikan guyonan-guyonan khas Jawa.
Sumber : Wikipedia
[read more..]

Pembentukan Paguyuban Pecinta Wayang (PPW)

0 komentar
Kebudayaan Daerah Jatim Dan Pembentukan Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) - Banyak hal menarik dari seni dan kebudayaan yang terdapat di propinsi Jawa Timur. Banyak kesenian khas yang menjadi ciri khas dari budaya yang terdapat di daerah Jawa Timur.

Propinsi yang ada di bagian timur pulau jawa ini memiliki banyak keunikan, diantaranya adalah kebudayaan dan adat istiadat dari di Jawa Timur.Seperti halnya seni wayang kulit juga sangat populer di kawasan ini.Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata Ma Hyang artinya menuju kepada yang maha esa, . Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Namun sayang, perlu adanya usaha untuk mempertahankan kesenian tersebut agar tidak di lupakan oleh generasi penerus.
Kapan hari itu aku sempan ikut ngumpul bareng Mas Ali Mustofa dkk.Mas Ali adalah  salah satu tim dari Blog WAYANG PRABU situs wayang terbesar dan paling komplit.

Demi melestarikan Budaya terutama Budaya Jawa maka kami PPW Jawa timur:
  • Berusaha untuk membentuk Team atau pengurus PPW Daerah Jawa timur.
  • Mencoba mengajak berbagai kalangan untuk ikut terlibat didalam PPW.
  • Mengajak unsur pelaku seni untuk ikut bergabung didalam PPW.
Tujuan atau misi kami PPW Jawa timur:
Visi  : Ikut melestarikan budaya,terutama Wayang sebagai budaya dunia dengan berbagai cara yang kongret.
Misi :
  • Meningkatkan popularitas wayang di kalangan muda.
  • Adanya kerja sama antara PPW dan para pelaku seni di Jawa timur
  • Progam digitalisasi Wayang Segera tercapai secara maksimal.

Progam kusus di PPW Jawa timur antara lain :
  • Progam digitalisasi
  • Mengumpulkan buku-buku Wayang gagrak Jawa timuran yang sudah tidak terbit lagidari percetakan untuk dokumentasi secara didigitalisasi.
  • Mengumpulkan koleksi Audio(Pita Kaset) dalang Jawa timuran untuk di konfert atau di Digitalisasi dengan tidak melanggar hak cipta Audio Recording.
  • Kerjasama saling menguntungkan antara PPW dan pelaku seni dalam rangka melestarikan Budaya Wayang Khususnya Gagrak Jawa timuran.
  • PPW Jawa Timur ikut memonitoring beredarnya VCD/DVD, ataupun MP3 Wayang Bajakan yang dimiliki WP.comyang beredar yang beredar di Jawa Timur untuk di tindak lanjuti sesuai dengan Hukum yang berlaku di indonesia.
PPW Jawa Timur adalah Organisasi Masyarakat non Profityang mengindukPPW Pusat sesuai dengan Progam PPW Pusat yang didirikan pada Tanggal 30 April 2011 di Bandung Jawa Barat.
Semua AD/RT sesuai dan mengacu dengan AD/ART PPW Pusat yang telah di sahkan kementerian terkait.

Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) di bentuk sebagai wujud kecintyaan kita pada budaya negeri khususnya Wayang. Terdapat berbagai macam dari berbagai daerah.
Dan kami tidak membatasi pada satu jenis wayang maupun daerah tertentu. Dan sifat dari keikutsertaan dalam paguyuban ini adalah TERBUKA.

Dan bagi Dalang - dalang Jawa timur yang Video atau Audionya ingin diposting atau di Promosikan lewat Radio dan Internet dapat mengirimkan CD/VCD/DVDnya ke:
  1.   RadioKurnia FM Tlp.0355.792 083 / 085 235 965 999
  1.   Saudara Ali Mustofa Rt.01/Rw.01 Krajan Rejowinangun Trenggalek.         081932948453

[read more..]

10 Mei 2011

4 Cara Menggoda Pria Tanpa Terlihat Murahan

0 komentar
Cantik, pintar dan baik hati bukanlah faktor utama wanita untuk menarik hati pria. Tapi sayangnya tidak semua wanita bisa menggoda pria dengan cara yang elegan. Simak empat tips menggoda pria tanpa harus terlihat murahan.

Menarik hati pria bukan berarti mengenakan pakaian mini, berperilaku agresif dan melontarkan kata-kata nakal. Hal-hal seperti itu tak jarang malah membuat pria menjauhi Anda. Untuk menghindari hal tersebut, Bobbi Blum Palmer, pakar hubungan dari situs Self Growth menjelaskan empat tips merayu pria dengan cara elegan. Ini dia:

1. Puji dirinya
Pujian tidak hanya bekerja untuk para wanita saja, pria pun juga butuh dipuji. Pria akan sangat senang bila Anda pikir mereka cerdas, tampan, menarik dan lucu. Cobalah sesekali berikan pujian seperti "wah, pekerjaanmu hebat", "kamu terlihat tampan hari ini." Sebuah pujian yang tulus bisa membuat Anda lebih dekat dengan si dia tapi perlu diingat, jangan terlalu berlebihan.

2. Gunakan tubuh Anda
Maksud menggunakan tubuh di sini bukan berarti Anda harus tampil agresif sehingga terlihat murahan. Gerakan tubuh Anda secara perlahan seperti memberikan kontak mata, tubuh menghadap si dia untuk menunjukka bahwa Anda tertarik dengannya, dan jangan lupa kibaskan rambut. Dengan berperilaku seperti ini, secara naluriah pria akan menaruh perhatiannya pada Anda.

3. Bercerita tentang diri Anda
Bagian ini mungkin agak sedikit sulit karena jika kita tidak bisa membatasi diri, si dia bisa saja bosan dengan cerita panjang Anda. Lebih baik, ceritakan pengalaman unik, prestasi, sifat menyenangkan Anda dengan singkat, setelah itu berikan ia waktu untuk memberi tanggapan dan menceritakan kisah dirinya. Dengan begini, Anda tidak terlihat seperti wanita egois.

4. Tujukkan padanya
Beritahukan dia dengan jelas bahwa Anda telah menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan dirinya. Pada akhir pertemuan, jangan ragu untuk mengatakan,"kamu termasuk orang yang menyenangkan ya, aku senang bisa bertemu denganmu." Buat si dia merasa nyaman dan dihargai, jika ia tertarik dengan Anda, maka ia akan segera menghubungi dan mengajak Anda kencan lagi.
[read more..]

Kedelai Picu Kemandulan Pria

0 komentar
Tahu, tempe, susu kedelai dan makanan olahan kedelai lainnya memang terkenal baik bagi tubuh. Membantu mencegah gejala osteoporosis, menopouse, diabetes dan kanker. Tapi, makan banyak kedelai juga bisa menyebabkan kemandulan pada pria.

Seberapa sering anda makan tempe mendoan, tahu gejrot, susu kedelai atau makanan olahan kedelai lainnya. Kedelai mengandung protein tinggi dan mengandung sedikit lemak tak jenuh yang bebas kolestrol dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Namun, khasiat makanan sehat super ini tidak berlaku bagi pria. Seperti yang dikulas Menshealth dalam sebuah penelitian Harvard study in 2008, menyatakan laki-laki yang makan kedelai atau olahanya bisa mengganggu kesuburan pria.

Penelitian yang dilakukan Harvard di tahun 2008 ini menunjukan hubungan antara asupan kedelai dengan jumlah sperma yang berkurang. Dalam studi tersebut diketahui jika seorang pria makan setengah porsi kedelai per hari, memiliki 32% lebih rendah sperma yang dihasilkan daripada yang tidak.

Selain itu, kedelai juga dapat menyebabkan kasus awal disfungsi ereksi. Penelitian lain yang dilakukan oleh Jorge Chavarro, MD, Sc.D ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Human Reproduction tahun 2008, menunjukan bahwa makan banyak kedelai termasuk susu kedelai bisa mengurangi konsentrasi sperma dan meningkatkan hormon estrogen pada pria. Sehingga terlihat lebih feminim.

Walaupun begitu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesuburan seumur hidup, salah satunya dengan melakukan diet sehat dan olahraga secara teratur. Sebab, dua hal ini penting untuk mengurangi asupan lemak dan jumlah lemak berlebih dalam tubuh.

Menurut seorang ahli urologi Larry Lipshultz, MD mengatakan bahwa jaringan lemak dalam tubuh dapat mengganggu produksi testoteron, sehingga memperlambat produksi sperma. Selain itu, merendam dengan air panas atau hangat juga bisa merusak sperma.

Sebab, sperma yang diproduksioleh testis dikenal memiliki temperatur yang lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya. Maka itu, intensitas panas bisa secara langsung diterima oleh testis sehingga menyebabkan terjadinya masalah kesuburan. Hal ini diketahui bahwa perendaman selama 1-5 jam per minggu dalam air panas atau hangat bisa menurunkan jumlah sperma.
[read more..]

Hati-hati,Kopi Dapat Kemperkecil Ukuran Payudara

0 komentar
Bagi wanita yang takut payudaranya mengecil alias ngimprut(bhs Jawa) hehe... Tapi anda juga suka dengan minum kopi, bahkan sudah terbiasa minum kopi tiga cangkir per hari? Hati-hati, karena kopi dapat memperkecil ukuran payudara Anda.

Para peneliti percaya bahwa terlalu banyak kafein dalam tubuh dapat memengaruhi kerja hormon dan mengakibatkan semakin kecilnya ukuran payudara. Semakin banyak kopi dikonsumsi wanita, semakin kecil ukuran payudaranya.

Hampir 300 wanita berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka diminta menjawab pertanyaan seputar seberapa banyak kopi yang biasa diminum setiap hari. Ukuran payudara mereka pun lalu diukur.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam British Journal of Cancer, meminum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat memperkecil ukuran payudara. Sebanyak setengah dari responden mengalami mutasi gen yang muncul akibat asupan kopi. Hal ini pun berdampak pada volume payudara.

"Minum kopi memiliki pengaruh besar pada ukuran payudara," kata kepala penelitian, Helena Jernstrom dari Universitas Lund di Swedia, seperti dikutip dari The Telegraph.

Namun, bagi para pecinta kopi jangan khawatir bahwa payudara akan menghilang. "Payudara hanya akan mengecil, dan tidak mungkin menghilang," ujarnya.

Wanita yang meminum lebih dari tiga cangkir kopi per hari payudaranya akan mengecil sebesar 17 persen. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang meminum kopi kurang dari tiga cangkir per hari.

Para peneliti juga menemukan bahwa hal ini lebih berisiko pada wanita yang memiliki payudara besar. Namun sayangnya, penelitian ini tidak dapat menyimpulkan apakah minum kopi dalam jumlah besar per hari dapat memengaruhi kepadatan payudara.

Info yang menggembirakan adalah konsumsi kopi ternyata memiliki dampak positif pada kesehatan payudara, yaitu mengurangi risiko kanker payudara.

Para peneliti percaya bahwa efek kopi berdampak pada hormon estrogen serta dapat memengaruhi tingkat hormon testosteron. Sebenarnya tidak masalah minum kopi setiap hari, asalkan tidak berlebihan
[read more..]

8 Mei 2011

Free Download Format Factory

0 komentar
Format Factory adalah sebuah program converter untuk merubah atau mengkonversi file multimedia dari mulai berkas audio, video, dvd, cd/vcd sampai format gambar. Converter ini cukup baik menangani proses konversi berbagai macam type file disertai dengan setting output file hasil konversi yang dapat disesuaikan kualitasnya apakah high, standard atau low quality. Dengan adanya pengaturan output ini pengguna dapat menentukan besarnya file berdasarkan dari kualitas hasil konversi. Selain itu Format Factory juga dilengkapi konversi untuk perangkat bergerak ( Mobile divice ) seperti video player portable maupun ponsel. Hampir serupa dengan software Any video converter, dengan Formatfactory anda dapat merubah format video apapun yang didukung menjadi video untuk perangkat seperti iPod dan iPhone, Sony PSP, Creative Zen, maupun untuk ponsel seperti Google Android, Motorola, Nokia, Samsung, SonyEricsson dan merek ponsel lain termasuk Handphone China dan Blackberry. Sedangkan untuk konversi audio, FormatFactory mampu merubah file audio ke format MP3, WMA, FLAC, AAC, OGG, AMR dan lain-lain. Sebagai nilai tambah, Format Factori juga bisa mengkonversi file gambar ke type file populer seperti JPG, PNG, ICO, BMP, GIF, dan masih banyak lagi.

Download sites:
Download from author/developer site

Download from mirror (direct link) (38.1MB)
[read more..]

6 Mei 2011

5 Tanda Bahwa Tubuh Itu Stres

0 komentar
Stres nggak cuma diikuti oleh perasaan gelisah saja. Kalau kamu mengalami satu diantara 5 hal di bawah ini, sediakan sedikit waktu untuk pergi keluar, boleh berjalan kaki atau sekedar menelepon sahabat, saran Stevan E. Hobfoll, PhD, pemimpin departemen ilmu tingkah laku di Rush University Medical Center. Rasa pegal pada mulut.
Nyeri rahang bisa menjadi pertanda kalau kita mengidap teeth grinding (kebiasaan menggesek-gesekan gigi yang biasanya dilakukan secara tidak sadar), biasa terjadi saat tidur dan diperparah kalau kita sedang stres, jelas Matthew Messina, DDS, consumer advisor untuk American Dental Association.
Tidur tidak lelap.
Ketika bermimpi kita akan memiliki energi positif yang sangat besar saat kita tidur, dan itu menjadi alasan mengapa, saat terbangun kita akan memiliki mood yang lebih baik dibanding saat kita tertidur untuk memulai hari ini, jelas Rosalind Cartwright, PhD, profesor psikologi di Rush University Medical Center. Namun, ketika stres, biasanya kita akan terbangun lebih sering dan proses ini sangat mengganggu. Coba capai waktu tidur selama 7-8 jam semalam, dan hindari asupan kafein serta alkohol sebelum tidur. Karena memiliki habit tidur yang baik akan menghindarkan kita dari stres.
Gusi berdarah.
Menurut analisis terhadap 14 studi terdahulu di Brazil, orang yang stres akan memiliki risiko terkena penyakit periodontal lebih besar. Kondisi stres akan meningkatkan hormon kortisol yang akan merusak sistem kekebalam tubuh dan membiarkan bakteri menyerang gusi, ungkap para peneliti. Sering lembur? Dan sering menyantap makan malam di meja kerja? Pastikan sikat gigi selalu diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau. Nggak cuma itu, lindungi juga kesehatan mulut dengan berolahraga dan tidur yang cukup. Sebab cara ini akan membantu kita menurunkan stres, kata Preston Miller, DDS, mantan presiden dari American Academy of Periodontology.
Jerawat dimana-mana.
Stres akan meningkatkan peradangan yang memicu jerawat, kata Gil Yosipovitch, MD, profesor dermatologi klinis di Wake Forest University. Haluskan kulit wajah dengan krim yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang bisa pembunuh bakteri, plus pelembab non komedogenik yang akan membuat kulit tidak kering. Jika perawatan ini tidak menunjukkan respon dalam beberapa minggu, segera berkonsultasi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Suka yang manis-manis.
Jangan langsung menyalahkan kebiasaan ngemil manis pada hormon wanita kita, karena stres adalah faktor pemicu yang lebih tepat untuk disalahkan. Ketika para peneliti dari University of Pennsylvania mensurvei wanita pre dan postmenopause, mereka menemukan hanya terjadi pelonjakan kecil dalam prevelensi hasrat mengemil cokelat yang terjadi pada wanita yang menopause. Peneliti mengatakan stres, dan faktor lain bisa menjadi pemicu rasa lapar akan makanan manis tersebut, jadi bukan hanya masalah hormonal.
Sumber:detikhealth.com
[read more..]

Jangan Terlalu Parno dengan Bakteri

0 komentar
img
(Foto: thinkstock)
  Banyak yang percaya segala hal yang terkena bakteri dapat menyebabkan penyakit. Padahal tidak semua bakteri dalam keadaan normal dapat menimbulkan penyakit. Tapi yang terjadi orang terlalu parno alias paranoid (takut berlebihan) dengan bakteri.

"Tidak semua bakteri dalam keadaan normal dapat menimbulkan penyakit pada manusia, bahkan banyak yang justru bermanfaat," jelas Prof Dr Sam Soeharto, Sp.MK (K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) dalam acara Lokakarya Keamanan Pangan Olahan bagi Wartawan di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Kamis (28/4/2011).

Menurut Prof Sam, keberadaan bakteri tertentu di dalam makanan atau minuman sebenarnya tidak membahayakan manusia itu sendiri, asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak dan daya tahan tubuh manusia normal.

"Sikap paranoid terhadap bakteri harus dihindari. Masyarakat menganggap seakan-akan semua makanan harus steril, padahal manusia saja tidak ada yang steril," jelas Prof Sam.

Prof Sam mengingatkan bahwa makanan yang dikonsumsi orang sehari-hari tidak pernah steril secara penuh, karena tangan, jari-jari dan bagian tubuh manusia tidak akan pernah steril atau bebas dari mikroorganisma.

"Jumlah bakteri di tubuh manusia ada 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah sel manusia itu sendiri," jelas Prof Sam.

Dalam dunia kedokteran dikenal adanya bakteri yang secara alami ganas (virulen), diartikan sebagai bakteri yang kalau masuk ke tubuh manusia umumnya mengakibatkan penyakit, tidak peduli apakah manusia tersebut keadaan tubuhnya memiliki daya tahan tubuh normal (kuat) atau lemah.

Contoh bakteri ganas misalnya Mycobacterium tuberculosis, Vibrio cholera, Salmonella spp.

Sedangkan bakteri lain dalam keadaan normal bisa menjadi 'sahabat' manusia seperti kelompok Enterobacteriaceae (contohnya Escherichia coli, Enterobacter aerogenes, Enterobacter sakazakii) yang dalam keadaan normal biasa hidup di dalam saluran usus besar atau di lingkungan kehidupan manusia.

"Bahkan dalam keadaan normal, keberadaan E. coli di dalam usus manusia, justru menjadi pertahanan infeksi oleh bakteri ganas seperti Salmonella spp dan Shigella dysenteriae," ujar Prof Sam.

Namun jika manusia itu daya tahannya menurun, bisa berat atau ringan, maka bakteri yang biasanya hidup berdampingan dengan manusia akan menjadi bakteri yang mengakibatkan penyakit.

"Bakteri mutlak harus ada dalam ekosistem. Kalau nggak ada bakteri kiamatlah kita, karena bakteri mempunyai tugas vitak dalam ekositem sebagai dekomposer yang memecah berbagai zat organik menjadi zat anorganik, sehingga memungkinkan adanya kehidupan," ujar Prof Sam.

Paranoid berlebihan pada bakteri dirasakan oleh Prof Sam pada kasus bakteri Enterobacter sakazakii di dalam susu bubuk formula.

"Paranoid masyarakat sangat luar biasa pada susu berbakteri, tidak sebanding dengan dampak bakteri itu sendiri," jelasnya.

Menurut Prof Sam, bakteri E. sakazakii telah lama dikenal dan diketahui bisa ditemukan pada usus manusia dan hewan serta di lingkungan dan peralatan di sekitar kita.

"E. sakazakii adalah salah satu dari sekian banyak bakteri yang sebenarnya ditemukan di lingkungan. Meskipun masuk ke dalam usus besar manusia, dalam keadaan normal E. sakazakii tidak membahayakan kesehatan. Bakteri ini baru mungkin membahayakan kesehatan pada bayi-bayi berisiko, misalnya bayi prematur yang lahir di bawah usia 37 minggu dengan berat badan kurang dari 2.250 gram," jelas Prof Sam.

Oleh karena itu, kasus infeksi E. sakazakii hanya pernah ditemukan di rumah sakit, yaitu pada anak atau bayi yang dirawat karena gangguan sistem kekebalan tubuh.

Menurutnya, susu formula memang tidak dinyatakan sebagai suatu produk yang steril atau terbebas dari mikroba, sehingga adanya bakteri yang tidak ganas, tentunya dalam jumlah yang kecil adalah wajar.

"Susu bukan produk steril. Hal ini dapat terjadi karena mungkin sudah ada dalam puting susu sapi, pada peralatan pemerahan susu, saat fabrikasi atau mungkin saat pengenceran sebelum diberikan pada bayi," jelas Prof Sam.

Menurut Prof Sam, bakteri E. sakazakii sebenarnya gampang mati, cukup dengan pemanasan 70 derajat celcius saja sudah mati.

Selain itu, pastikan cuci tangan sebelum menyiapkan susu dan jangan mengonsumsi susu yang sudah disiapkan sejak 2 jam sebelumnya. Susu yang sudah disiapkan lebih dari 2 jam harus dibuang dan ganti dengan yang baru.
[read more..]

Manfaat Tidur di Akhir Pekan

0 komentar
Tidur ekstra di akhir pekan berperan meningkatkan kinerja otak selama seminggu berikutnya.
2488339641-5-mimpi-ini-bisa-deteksi-masalah-kesehatan
Bila saat terbangun di hari Senin tetapi merasa tidak fit dan kurang konsentrasi, mungkin Anda tak cukup tidur di akhir pekan. Tidur ekstra di akhir pekan berperan meningkatkan kinerja otak selama seminggu berikutnya.
Hasil studi edisi terbaru di jurnal Sleep menyimpulkan, mereka yang tidur lebih banyak di akhir pekan memiliki performa lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur di akhir pekan. Waktu tidur ekstra saat akhir pekan diperlukan untuk mengisi otak dan meningkatkan energi, menajamkan kewaspadaan dan perhatian setelah seminggu waktu tidur terbatas.
Para ilmuwan juga memperingatkan, begadang semalaman di akhir pekan akan mengganggu kinerja otak secara signifikan pada seminggu berikutnya.
Dr David Dinges, Kepala Divisi Tidur dan Chronobiologi di Universitas Pennsylvania, AS, mengatakan, “Dua jam waktu tidur tambahan saat akhir minggu bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan,” katanya seperti dimuat dalam Telegraph.
“Intinya, pemulihan yang memadai penting untuk mengatasi dampak tidur yang terbatas selama seminggu di otak.”
Dalam studi berbeda, para ilmuwan menemukan, waktu tidur paling efektif selama tujuh jam. Penelitian terhadap 30 ribu orang dewasa menemukan penyakit kardiovaskuler mencakup serangan jantung, stroke dan angina dua kali lebih tinggi pada orang dengan waktu tidur kurang dari lima jam.
Tetapi, perlu Anda tahu juga, waktu tidur harian lebih dari sembilan jam meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis. Jadi, waktu tidur ideal antara 7 - 9 jam per hari.

Sumber:detikhealth.com
[read more..]

1 Mei 2011

Makna Ciuman dari Sisi Ilmiah

0 komentar

img


Kurnia, Ciuman identik dengan lambang kebahagiaan. Itulah mengapa saat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang paling ditunggu-tunggu publik di Inggris adalah ciuman dua sejoli itu di atas balkon Istana Buckingham.

Jika selama ini orang melihat ciuman karena alasan bahagia mari kita lihat alasan ilmiah yang dikemukakan para ilmuwan. Karena menurut ilmuwan ciuman itu ada penjelasan ilmiahnya bukan sekedar nafsu.

Peneliti dari Lafayette College di Pennsylvania telah menemukan jawaban mengapa berciuman dapat membuat sepasang manusia bahagia. Peneliti mengatakan bahwa ketika bibir 'terkunci' sebenarnya terjadi percikan peningkatan hormon di dalam otak, seperti dilansir Foxnews, Sabtu (30/4/2011).

Karena adanya serangkaian proses kimia yang kompleks, pasangan yang berciuman akan mengalami kombinasi perasaan, dari relaksasi, sukacita dan cinta.

Memegang tangan (bersentuhan) dan berciuman juga dapat mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Jadi tidak mengherankan bila banyak yang menganggap bahwa berciuman adalah cara yang mudah untuk menghilangkan stres.

Ciuman dapat mentransfer informasi dan membuat seseorang mengenal kepribadian pasangannya lebih dalam. Pertukaran informasi tersebut disebabkan oleh sinyal kimia, yaitu feromon yang juga digunakan oleh hewan untuk menyampaikan pesan.

Berdasarkan penelitian di University of Albany terhadap 1.041 partisipan, diketahui bahwa pria umumnya senang melakukan ciuman ala French yang basah karena air liurnya mengandung testosteron, yang dapat memicu libido wanita.

"Ada bukti bahwa air liur memiliki testosteron di dalamnya dan testosteron dapat meningkatkan dorongan seks. Ada bukti bahwa orang-orang yang berciuman dengan mulut terbuka secara tidak sadar mereka mencoba mentransfer testosteron untuk merangsang dorongan seksual pada wanita," kata Helen Fisher, anthropologist Rutgers University.

Menurut Fisher, pria dapat mentransfer air liur untuk menilai kesuburan wanita dan siklus estrogen. Para ahli lainnya juga menyebutkan bahwa pria dapat memancing estrogen wanita, yang juga merupakan detektor apakah wanita tersebut mandul atau tidak.

Dan tahukah Anda ketika seseorang berciuman sederhana (kecupan) ada dua otot wajah yang aktif, sedangkan ketika melakukan ciuman yang bergairah maka semua otot (34 otot) yang ada di wajah ikut aktif.
[read more..]

Otak dan Tubuh Manusia Memang Diprogram untuk Makan Enak

0 komentar
Jangan merasa bersalah jika Anda selalu ingin makan enak. Ilmuwan menemukan bahwa otak dan tubuh manusia memang diprogram untuk makan makanan enak.

Makanan enak didefinisikan sebagai makanan yang bercitarasa manis, gurih, berlemak dan asin. Beberapa orang kadang mengaku punya 'gigi manis' atau 'gigi garam' karena selalu ingin makan makanan enak.

Keinginan orang untuk makan makanan tertentu yang enak disebut para ahli seperti mengidam. Ini adalah sesuatu yang menimbulkan sensasi luar biasa dan membuat orang berpikir bagaimana caranya mendapatkan makanan itu.

"Penting untuk diingat orang makan itu tidak hanya karena lapar tapi juga karena hasrat," kata Professor Andrew Hill, Kepala unit akademik psikiatri dan ilmu perilaku di Leeds University seperti dilansir dari Dailymail, Minggu (1/5/2011).

Para ahli percaya munculnya keinginan yang kuat untuk makan pada makanan yang diinginkan atau mengidam, terkait dengan bahan kimia di otak dan kebutuhan dari tubuh.

Contohnya jika ingin sekali makan salmon itu karena tubuh sedang memerlukan lemak omega 3. Saat ingin makan tuna karena tubuh sedang butuh garam, saat ingin makan daging karena tubuh sedang butuh protein.

Para ahli melihat keinginan yang kuat untuk makan makanan enak sangat erat kaitannya dengan perilaku mengidam. Saat mengidam, tubuh kadang tidak mau tahu apakah perut sudah kenyang atau tidak. Sehingga banyak orang terkecoh ingin terus makan lagi.

Hal ini terkait dengan keluarnya hormon-hormon tertentu dari tubuh terutama hormon stres. Stres selalu muncul dalam kehidupan manusia kapan saja dan usia berapa pun.

Penjelasan mengidam ini lebih kompleks ketimbang hanya sekedar perut lapar. Saat perut kosong, tubuh akan melepaskan hormon ghrelin yang akan berkomunikasi dengan pusat otak hipotamulus. Dengan begitu orang jadi tahu bahwa ini sudah waktunya makan.

Jika rasa lapar itu sudah dijawab dengan makan, maka sebagai bentuk kepuasannya tubuh akan melepaskan hormon leptin yang diproduksi sel lemak dan akan melepaskan insulin yang diproduksi pankreas.

Sebaliknya saat mengidam maka ada beberapa bahan kimia di otak yang bereaksi. Pertama adalah pelepasan dopamin, yakni zat kimia di otak yang berhubungan dengan konsentrasi. Dopamin ini akan lepas ketika melihat atau mengalami sesuatu yang baru.

Dopamin ini kemudian akan bekerjasama dengan zat kimia lain yakni opioid yang memberikan rasa nikmat atau kesenangan. Kerjasama dua otak ini membuat orang ingin kesenangan dan melakukannya lagi.

Akibat reaksi dua zat kimia di tubuh itu, orang akan terus mencari makanan enak dan mengabaikan masalah gizi dan kesehatan makanannya.

"Orang diprogram untuk menikmati makanan berlemak dan gula, dan lalu otak akan memberitahu kita untuk mencari makanan itu," kata ahli psikologi Dr Leigh Gibson dari Roehampton University.

Namun munculnya keinginan untuk makan enak, menurut para ahli juga sangat dipengaruhi juga oleh kondisi mental yang dikaitkan dengan stres atau ketidakbahagiaan.

Saat sedang stres misalnya orang akan mencari makanan yang manis atau berlemak. Hal ini karena saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Jika hormon ini keluar dia akan meningkatkan kadar gula dalam darah, karena sedang membutuhkan energi lebih banyak.

Itulah mengapa saat sedang stres orang cenderung mencari makanan yang tinggi gula seperti kue-kue dan permen.

Namun para ahli mengingatkan keinginan untuk makan enak harus diimbangi dengan banyak bergerak dan kendali dari diri agar tidak berlebihan, sehingga makanan tersebut tidak menumpuk menjadi lemak jahat di tubuh.
[read more..]

Mobil Mewah Harga Rp 68,6 Miliar

0 komentar
Seorang rapper bernama Birdman membuat sensasi dengan membeli sebuah mobil super malah Maybach Exelero. Untuk mendapat mobil ini Birdman harus merogoh kantong hingga US$ 8 juta atau sekitar Rp 68,6 miliar.

Birdman yang memiliki nama asli Bryan Williams ini adalah co-founder Cash Money Records dan merupakan salah satu rapper terkaya di Amerika. Di garasinya telah berjejer beragam mobil mahal mulai dari Maybach Landaulet berharga US$1,5 juta (Rp 12,8 miliar) dan Bugatti Veyron berwarna merah yang berharga US$ 2 juta (Rp 17,1 miliar).

Namun hal itu ternyata tidaklah cukup bagi rapper kaya ini hingga merasa masih harus mengisi garasinya dengan Maybach Exelero yang telah di custom sesuai keinginannya dan langsung mengumumkan hal tersebut melalui akun Twitter miliknya ketika mobil itu sampai ke depan garasinya.

Maybach Exelero sendiri adalah sebuah mobil mewah yang memiliki kenyamanan khas limusin high-end tapi memiliki tenaga layaknya sebuah mobil sport. Karenanya tidak heran bila mobil ini mampu menembus kecepatan 350 km perjam.

Kemampuan menakutkan mobil dua penumpang tersebut datang dari sebonggol mesin V12 biturbo yang mampu mengembangkan tenaga hingga 700 hp pada 5.000 rpm dan torsi sebesar 1.020 Nm di putaran 2.500 rpm.

"Mereka punya Maybach baru yang membuat saya ingin mengeluarkan uang US$ 8 juta, aku harus memilikinya," ungkap Birdman seperti dikutip celebritycarsblog.com dan dilansir autoevolution, Minggu (1/5/2011)

Hal itu memang terlihat mudah bagi seorang Birdman. Sebab menurut Forbes, pada Januari 2011, kekayaan bersih Birdman diperkirakan mencapai US$ 100 juta dan membuatnya menjadi rapper terkaya keempat setelah Diddy, Jay-Z dan Dr Dre.
[read more..]

30 Apr 2011

Free Download Plato Media Player

0 komentar
Perangkat lunak gratis dan mudah ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam menemani Anda berkegiatan multimedia, terutama dalam membaca file-file audio dan video. 
Selain itu, aplikasi ini memiliki graphical user interface (GUI) yang cukup sederhana, sehingga memudahkan setiap orang dalam mengoperasikannya.

Plato Media Player adalah aplikasi free multimedia player yang mendukung banyak format multimedia audio dan video terkini, seperti AVI, Mpeg, DivX, Xvid, WMV, DAT, ASF, MPEG-1/2, MPEG-4, AVI, DivX 4/5/6, XviD, 3ivX D4, H.261, H.263 / H.264 / MPEG-4 AVC, Cinepak, Theora , Dirac / VC-2, MJPEG (A/B), WMV1/2, WMV3/WMV-9, Sorenson 1/3 (Quicktime), DV (Digital Video), Indeo Video, Real Video 1/2/3/4 , Flash Video(FLV), SWF, ASF, MOV, QT, Matroska (MKV), WAV, MPEG Layer 1/2, MP3 - MPEG Layer 3, AAC, Vorbis, AC3, DTS, WMA1/2/3, FLAC, ALAC, APE (Monkey Audio), Real Audio 2, AMR (3GPP), MIDI, LPCM, DV Audio, dan QuickTime.




Download: Plato Media Player
File size: 24.18 MB (freeware)
Sistem operasi: Windows 2000/XP/Vista/7


[read more..]

Asyiknya Ber-Video Call Lewat TV HD

0 komentar
 Gemar melakukan VoIP atau video call? Pasti tak asing lagi dengan Skype. Video call dengan PC sebentar lagi kuno. Kini saatnya TV high definition (HD) mengambil alih. Bayangkan kita melakukan face-to-face dengan layar lebar resolusi 720p.

Ya, tak hanya via ponsel, Skype kini memperluas layanan mereka di ranah HD TV. Beberapa merek besar seperti Panasonic, LG dan Samsung telah siap dengan produk-produknya.

Beberapa pengunjung di booth Skype pada ajang CommunicAsia 2010 yang berlangsung di Singapore Expo, Singapura pekan ini tampak antusias mempelajari layanan baru tersebut. Sayangnya gambar full HD tersebut sedikit 'kriting'. "Itu karena kompresi video streaming," terang seorang penjaga stand menjelaskan.

Dilihat dari tampilannya, aplikasi ini cukup mirip dengan layanan Skype PC. Pengguna yang telah terbiasa tak perlu belajar lama untuk menggunakannya. "Saya pikir Skype TV ini tidak bisa dilakukan secara full screen," ucap seorang pengunjung berbisik kepada temannya. Lalu kapan layanan ini hadir?

"Layanan ini sebelumnya telah dirilis secara global oleh Skype. Pada 23 Juni mendatang, layanan ini baru hadir di Singapura,"
[read more..]

27 Apr 2011

Mencapai Kebermaknaan Hidup

0 komentar
Kebermaknaan hidup sangat perlu dipahami oleh setiap manusia. Siapapun dia, Presiden, angota DPR, bahkan rakyat biasa, karena menurut Bastaman (1996) jika individu tidak berhasil menemukan dan memenuhi makna hidup biasanya menimbulkan semacam frustrasi eksistensial, dimana individu merasa tidak mampu lagi dalam mengatasi masalah-masalah personalnya secara efisien, merasa hampa, tidak bersemangat, dan tak lagi memiliki tujuan hidup.

Berkaitan dengan kebermaknaan hidup Victor E.Frankl (1985) seorang tokoh psikologi eksistensial dalam konsep logoterapinya mengatakan bahwa kebermaknaan hidup disebut sebagai kualitas penghayatan individu terhadap seberapa besar ia dapat mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi-potensi serta kapasitas yang dimilikinya, dan terhadap seberapa jauh ia telah berhasil mencapai tujuan-tujuan hidupnya, dalam rangka memberi makna atau arti kepada kehidupannya. Frankl (2003) dalam buku terjemahannya mengatakan bahwa masing-masing individu memiliki pengertian yang berbeda tentang makna karena setiap orang berada dalam medan sendiri dan memiliki misi sendiri dalam hidupnya.
Frankl (Koeswara, 1987) juga mengemukakan bahwa manusia bisa menemukan makna melalui realisasi nilai-nilai manusiawi yang mencakup nilai kreatif, nilai estetis, nilai etis dan nilai pengalaman (experiential value). Ini berarti bahwa manusia, di samping melalui kehidupan keagamaan, bisa menemukan atau menciptakan makna hidup melalui kerja, melalui pertemuan dengan keindahan dan kebenaran, melalui pertemuan dan cinta dengan sesama, dan melalui pengalaman-pengalaman. Berikut ini saya akan sedikit berbagi mengenai metode-metode Menurut Bastaman (dalam Kitab, 1998) dalam menemukan kebermaknaan hidup sebagai upaya untuk menemukan kembali kesadaran akan makna dan orientasi hidup, diantaranya:

a.Pemahaman pribadi dan pengubahan sikap. Manfaat dari metode ini adalah untuk (1) mengenali keunggulan-keunggulan dan kelemahan-kelemahan pribadi, (2) menyadari keinginan dari mesa kecil hingga sekarang serta memahami kebutuhan-kebutuhan apa yang mendasari keinginan-keinginan itu, (3) merumuskan secara lebih jelas dan nyata hal-hal yang diinginkan untuk masa mendatangkan dan menyusun rencana secara realistis untuk mencapainya.

b.Bertindak positif, yakni menerapkan hal-hal yang baik dan positif dalam berperilaku dan tindakan nyata sehari-hari.

c.Pengakraban hubungan, yakni hubungan akrab seorang pribadi dengan pribadi yang lain sedemikian rupa sehingga dihayati sebagai hubungan yang dekat, mendalam, saling percaya dan saling memahami. Jadi terdapat semacam dukungan sosial. Dengan cara ini seseorang merasa dirinya berharga dan bermakna, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain, karena hal ini merupakan salah satu sumber makna bagi manusia.

d.Pendalaman tri nilai. Tri nilai di sini adalah (1) pendalaman nilai-nilai kreatif, yaitu dengan memberikan sesuatu yang berharga bagi kehidupan, (2) pendalaman nilai-nilai penghayatan, dimana individu mencoba memahami, meyakini dan mengahayati berbagai nilai yang ada dalam kehidupan, seperti keindahan, kebijakan, keimanan, kebajikan dan cinta kasih, (3) pendalaman nilai-nilai bersikap, yakni memberi kesempatan kepada seseorang untuk mengambil sikap yang tepat terhadap kondisi dan peristiwa yang hadir dalam kehidupannya. Dengan mengambil sikap yang tepat maka beban pengalaman tragis akan berkurang, bahkan mungkin peristiwa itu dapat memberikan pengalaman yang berharga dan menimbulkan makna tertentu, yang dalam sehari-hari disebut dengan hikmah.

e.Ibadah. Dalam pengertian umum ibadah adalah segala kegiatan melaksanakan apa yang diperintahkan Tuhan, dan mencegah diri dari hal-hal yang dilarang-Nya menurut ketentuan agama.Sedangkan dalam pengertian khusus ibadah adalah ritual untuk mendekatkan diri kepada Allah melaui cara yang diajarkan dalam agama.

Semoga Alloh selalu memberikan Ridlonya pada Kita semua hingga kita bisa terselamatkan dari segala Dosa.Amin..
[read more..]

Delapan Mutiara Kehidupan

0 komentar
Arkian, sufi Asy-Syibli dalam hidupnya telah melayani 400 guru. "Aku sudah membaca empat ribu hadis. Di antara hadis-hadis itu, kupilih satu untuk aku amalkan, sedang hadis-hadis yang lain aku acuhkan. Sebab, setelah aku renung-renungkan, kusimpulkan bahwa keselamatan diriku ada pada hadis tersebut. Kukira, ilmu orang-orang dulu dan orang-orang sekarang teringkas di dalamnya. Karena itu aku cukupkan diriku dengannya. Hadis dimaksud ialah sabda Rasulullah s.a.w. kepada sahabat-sahabat beliau, "Beramallah untuk duniamu sesuai dengan maqam (posisi)-mu di dunia. Beramallah untuk akhiratmu menurut kadar kelanggenganmu di dalamnya. Beramallah untuk Allah sesuai dengan kadar kebutuhan-Mu pada-Nya. Dan baramallah untuk neraka sesuai dengan kadar kesanggupanmu menanggungnya."
Anakku, jika kamu mengamalkan hadis ini, kamu tidak memerlukan ilmu yang banyak. (Maksud hadis tadi: Kalau kamu termasuk dalam maqam orang yang harus membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan pokok, kamu harus bekerja sungguh-sungguh karena mencukupi kebutuhan diri dan keluarga itu wajib. Kalau kamu tergolong maqam guru, kamu harus banyak mengajar. Kemudian sadarilah bahwa kamu akan kekal di akhirat. Tak ada akhir, tak ada kematian di akhrat. Karena itu, beramallah
untuknya dengan sungguh-sungguh.
Lalu kamu tahu kan, kamu sangat membutuhkan Allah karena
hanya Allahlah yang bisa memberi manfaat ataupun madharat
pada siapapun. Makanya, kamu harus beramal dengan
sungguh-sungguh guna meraih ridha-Nya.
Kamu pun tahu, kamu tidak sanggup menanggung siksa api
neraka. Karena itu, jangan coba-coba melakukan hal-hal
yang dapat menjerumuskanmu padanya, pen.)

Kekasih Sejati

Cobalah renungkan cerita berikut ini. Konon, Hatim
Al-Asham berguru pada Syaqiq Al-Balkhi. Kata Syaqiq, "Kamu
telah berguru padaku selama tiga puluh tahun. Apa yang
engkau peroleh dari situ?"
"Aku mendapat delapan faedah, dan itu cukup bagiku karena
aku berharap bakal meraih keselamatan darinya."
"Apa saja itu?" tanya Syaqiq.
Hatim lalu merinci kedelapan faedah tersebut. "Pertama,"
ujarnya, "aku coba perhatikan orang-orang. Kulihat mereka
saling berkasih-kasihan, saling mencinta satu sama lain.
Ada yang mencinta sampai kekasihnya menderita sakit parah
yang mengantarnya ke kematian. Ada yang mencinta sampai
kekasihnya terbujur di liang lahat. Setelah itu, sang
kekasih ditinggal sendirian di dalam kubur, tak seorang
pun ikut serta (masuk ke dalamnya). Dari situ saya
berpikir, 'Ah, dia ini bukan kekasih sejati karena dia
tidak ikut menemani dia di dalam kubur. Kekasih sejati
mustinya terus menghiburnya sampai kapan pun.' Ternyata,
tidak ada yang menemani kita sampai ke liang kubur kecuali
amal saleh kita. Inilah, pikirku, kekasih sejati. Makanya,
amal saleh kujadikan kekasihku, supaya dia menjadi pelita
yang menerangiku di dalam kubur, menghiburku dan tidak
meninggalkanku sendirian di sana.

Budak Nafsu

Faedah kedua, saya lihat orang-orang menuruti hawa nafsu
mereka. Mereka buru-buru mengejar keinginan-keinginan
mereka. Lalu saya merenungkan firman Allah, 'Dan adapun
orang yang takut pada maqam Tuhannya dan mencegah nafsu
menuruti hawa (perintah jelek)-nya, maka sorga adalah
tempat kembalinya.' (An-Nazi'at: 40-41) Saya yakin bahwa
Al-Quran itu benar, karena itu aku lekas-lekas melawan
hawa nafsu saya, dan saya mengerahkan segala daya untuk
memeranginya (mujahadah). Aku terus melakukan hal itu
sampai nafsu tergiring untuk menyenangi taat kepada Allah
dan tunduk pada-Nya.

Remah-remah Dunia

Faedah ketiga, saya amati semua orang berlomba untuk
mengumpulkan remah-remah dunia kemudian (setelah berhasil)
menggenggamnya erat-erat. Saya coba merenungkan firman
Allah , 'Apa yang ada di sisimu akan rusak, dan apa yang
di sisi Allah itu kekal.' Saya pun segera menyalurkan
harta dunia yang ada pada saya untuk mendapat ridha Allah.
Saya agikan harta saya itu kepada kaum fakir miskin,
sehingga jadilah dia tabunganku di sisi Allah.

Apa Kemuliaan?

Keempat, saya perhatikan, ada sebagian orang yang mengira
bahwa kemuliaan itu ada pada banyaknya pengikut dan anak
buah, sehingga dia tertipu dengannya. (Dia pun jadi
congkak karena memiliki banyak pengikut. Dia menganggap
dirinya sebagai pemimpin sejati karena pengaruhnya
benar-benar mengakar, karena dia dikelilingi orang-orang
yang butuh padanya, pen.). Ada yang menyangka bahwa
kemuliaan itu ada pada melimpahnya harta benda dan
banyaknya anak, lalu mereka membanggakan hal-hal itu.
Sebagian lagi menganggap kemuliaan terdapat pada
kemampuannya untuk meng-ghashab (merampas) harta orang
lain dan berbuat zhalim pada mereka serta menumpahkan
darah mereka. Ada pula yang menyangka bahwa yang namanya
kemuliaan itu ialah berbuat boros dan menghambur-hamburkan
harta. Saya pun mencoba merenungkan firman Allah, 'Sungguh
orang yang paling mulia di antara kalian adalah yang
paling bertakwa.' (Al-Hujurat: 13) Saya lalu memutuskan
untuk memilih takwa saja karena saya berkeyakinan bahwa
Al-Quran itu benar, sedang dugaan mereka itu salah dan
sesat.

Hasud

Kelima, saya melihat orang-orang saling mencela satu sama
lain. Mereka saling menggunjing satu sama lain. Dan semua
itu saya dapati merupakan rasa hasud dalam hal harta,
pangkat dan ilmu. Lantas saya berpikir tentang firman
Allah SWT, "Kami membagi-bagi rezeki mereka di antara
mereka ereka dalam kehidupan dunia." (Az-Zukhruf: 32) Dari
sana, tahulah saya bahwa pembagian itu dari Allah. Sejak
itu, saya tidak mau lagi memendam rasa hasud pada
siapapun, dan saya pun ridha dengan pembagian Allah
Ta'ala.

Musuh Sejati

Faedah keenam, saya lihat orang-orang saling bermusuhan
satu sama lain karena satu dan lain sebab, karena satu dan
lain kepentingan. Maka saya merenungkan firman Allah,
'Sungguh syetan itu bagi kalian adalah musuh, maka
jadikanlah dia musuh.' (Fathir: 6) Dari situ saya tahu
bahwa kita tidak boleh memusuhi siapapun selain syetan.
Faedah ketujuh, saya amati setiap orang berusaha
sungguh-sungguh dan membanting tulang untuk mendapatkan
makanan pokok dan mengais rezeki sampai terkadang mereka
melanggar barang syubhat dan barang haram. Mereka bahkan
tak segan menghinakan diri mereka dan merendahkan martabat
mereka. Lalu saya merenungkan firman Allah, "Dan tidak
satu pun dari yang melata di bumi kecuali atas
(tanggungan) Allah rezekinya." Dari sini saya tahu bahwa
rezeki saya sudah ditanggung oleh Allah. Sejak itu, saya
menyibukkan diri saya dengan beribadah pada-Nya, dan saya
matikan ketamakan (pengharapan) saya pada selain-Nya.

Tawakal

Faedah kedelapan, saya lihat tiap-tiap orang bergantung
pada makhluk. Sebagian bergantung pada dinar dan dirham
(uang tunai), sebagian pada barang berharga dan kekuasaan,
sebagian pada keahlian dan keterampilan, sebagian lagi
bergantung pada sesamanya. Lalu saya merenungkan
firman-Nya, 'Dan barangsiapa bertawakal pada Allah, maka
Dia akan mencukupinya. Sungguh Allah melaksanakan
urusan-Nya. Sungguh Dia telah menjadikan ketentuan bagi
tiap-tiap sesuatu.' (Ath-Thalaq: 3) Sejak itu saya
putuskan untuk bertawakal kepada Allah, karena Dialah yang
mencukupi saya, dan Dialah sebaik-baik wakil (tempat
bergantung)."

Empat Kitab Suci

Setelah mendengar uraian Hatim, Syaqiq berkata,
"Mudah-mudahan Allah memberi pertolongan padamu. Aku telah
membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al-Quran. Kulihat, ajaran
keempat suci ini berkisar pada delapan butir faedah ini.
Dengan demikian, barangsiapa telah mengamalkannya, dia
telah melaksankaan ajaran empat kitab suci sekaligus."
Mudah-mudahan ada guna dan manfaat hingga menjadikan keselamatan Dunia dan Akhirat.Amin...
[read more..]

24 Apr 2011

Kisah Pilu Seorang Bocah Lima Tahun Di Nganjuk

0 komentar
Nganjuk: Kisah pilu namun patut diteladani ditunjukkan seorang bocah lima tahun di Nganjuk, Jawa Timur. Adalah Muhammad Aditya. Ia rela kehilangan waktu bersekolah, apalagi bermain seperti anak-anak seusianya, demi merawat ibunda tercinta, Sunarti, yang mengalami kelumpuhan. Sedangkan ayahnya lebih banyak di luar kota untuk mencari nafkah.

Muhammad Aditya Firmansyah, namun akrab dipanggil Adit. Ia adalah putra semata wayang ibu Sunarti, warga Desa Keramat, Kabupaten Nganjuk. Adit telaten merawat sang bunda. Tak hanya itu. Ia juga mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, mulai memasak hingga membersihkan rumah.

Rutinitas Adit itu telah berlangsung sejak ibunya mengalami kelumpuhan dan ayahnya meninggal dunia 4 tahun lalu, Balita itu terpaksa harus mandiri. Jika teman-teman seusianya, bermain dan belajar, setiap hari Adit harus melakukan pekerjaan rumah, mulai dari membersihkan rumah, mencuci baju hingga memasak. Itu dilakukan seorang diri. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Adit dan ibunya mengandalkan uang sisa penjualan rumah.

Kini, setelah pemberitaan merebak, kisah Adit mendapat simpati berbagai kalangan, Adit akhirnya dirawat panti asuh anak dari Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Kabupaten Nganjuk, Di sana, Aditya bisa bermain, belajar dan mengaji.

Sementara sang ibu dirawat di Rumah Sakir Daerah Nganjuk dengan biaya dari pemerintah setempat. Bahkan Wakil Gubernur Jatim Syaifulloh menyempatkan datang menjenguk dan memberi sumbangan.

Keteladanan dan bakti Adit kepada ibunda tercinta pun mendapat simpati dari para pembaca sebuah media di dunia maya. Alhasil sumbangan dana pun mengalir untuk Adit. Itu sangat disambut penuh kegembiraan dan keharuan ibunda Adit, Sunarti. Dana itu pun dipastikan untuk mendukung pendidikan Aditya.

Selain itu semua mudah-mudahan kita semua tak hanya memandang pada orang di atas kita,tapi marilah kita meliht bahwa masih ada orang-orang yang mungkin lebih menderita ketimbang kita.... semoga Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat mereka semua... Amin
[read more..]