17 Sep 2011

Cara Membuat Iklan Radio


A. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan radio :
  1. Target market sipaa (remaja, orang dewasa, anak-anak, tinggal di mana)
  2. Berapa durasinya (30', 45', atau 60')
  3. On airnya di radio mana (prambors, sonora, trijaya dst)
  4. Budget berapa (minim atau sangat besar, ini berkaitan dengan pemilihan talent dan pembuat musik/jingle)
  5. Produk yang diiklankan produk apa (permen, real estate, atau rokok)
B. Struktur Iklan Radio

Biasanya dalm iklan radio terdiri dari narasi, musik dan SFX. Narasi bisa single, atau bisa dialog. Talent laki-laki biasa disebut MVO (male voice over), sedang talent wanita disebut FVO (famale voice over). Berikut antara lain contoh struktur iklan radio
  • Musik
  • Narasi (dialog atau single)
  • SFX
  • Announcer
C. Tips-tips Membuat Iklan Radio

1) Baca keras-keras karya Anda

Sebelum anda menyetujui konsep radio yang anda tulis, baca keras-keras dengan yang anda kehendaki. Ini akan menunjukkan pada anda, misalnya apakah ada kata-kata yang sulit diucapkan, atau kalimat yang ternyata ganjil kedengarannya. Mungkin anda ingin iklan radio anda puitis, misalnya tetapi dengan banyaknya suara atau kata-kata yang sama, bisa juga pesan anda terkorbankan. Yang penting lagi dalm kebiasaan ini adalah mengukur waktunya.

2) Gunakan kata-kata sederhana

Kata-kata sederhana mudah diucapkan, mudah didengar. Untuk lebih membantu lagi, rencanakan pula di mana pembaca harus berhenti, manarik napas, istirahat dan sebagainya. Ini akan sangat membantu dalam pengudaraan kemudian.

3) Copy anda harus lancar

Seperti juga iklan cetak, copy harus lancar dalam arti titik pemikiran yang satu ketitik pemikiran yang lain sangat luwes dan padu. Gunakan waktu seefektif mungkin.

4) Gunakan slang dengan hati-hati

Beberapa kata khas di suatu daerah belum tentu dimengerti di daerah lain. Kecuali jika anda memang ingin mengemukakan kedaerahan untuk ditonjolkan.

5) Berusaha keras untuk menarik perhatian

Anda harus menembus kesadaran pendengar anda yang sedang melakukan sesuatu sewaktu iklan radio anda terdengar. Apa yang akan anda lakukan ? dengan musik ? dengan jingle ? dengan SFX ? humor ? dialog ? itu semua tergantung dari strategi anda tetapi anda harus berusaha keras ?

Beberapa cara untuk mencari perhatian itu misalnya :

  1. Product in action SFX. Misalnya kopi diaduk, baju dicuci, atau imajinasi suara sebuah benda yang sesungguhnya tak bersuara, misalnya : cahaya keras dimata.
  2. Campuran berbagai suara. Sebuah iklan bisa terdiri dari dialog, musik, SFX, announcer dan seterusnya. Dengan variasi seperti ini, pendengar akan ingn tahu apa yang ingin anda sampaikan
  3. Toko simbolis. Gunakan suara khas untuk menampilkan tokoh iklan anda, misalnya cacing dalam perut dsb.
  4. Gunakan gaya radio station yang anda pakai. Atau acara yang ada di radio. Dengan begini iklan anda seperti suatu jedah tetapi bagian dari acara yang digemari.
  5. Guankan tokoh komedi. Dalam hal ini anda harus hati-hati kelucuannya harus khas dari dia, tetapi tak boleh bertentangan dengan pesan anda.
  6. Variasi penting. Jangan puas dengan satu prsentasi. Jika misalnya jingle anda sudah hit, coba cari cara lain untuk menyampaikannya di jazz in di dangdut in dll. Tetapi tentu masih dalam strategi.
  7. Buat relevansi dengan peristiwa yang sedang hangat, apa yang sedang diperhatikan orang ? KTT ? Tinju ? Alan dan Susi di olimpiade ?
  8. Ad lib, ad lib artinya mengatakan apa saja secara spontan. Bisa saja anda membuat iklan radio di mana tokoh iklan anda benar-benar diberi kebebasan untuk berbicara.
  9. Dipercepat-diperlambat, anda dapat memperoleh suatu efek menarik jika anda mempercepat atau memperlambat waktu putar tape anda harap dijaga agar kata-kata tetap jelas.
  10. Wawancara Real Life. Wawancara yang jelas terdengar dilakukan secara langsung punya daya tarik tersendiri, tentunya dengan sfx-sfx yang tepat.
  11. Memusikkan sound effect. Atau mensound effect an musik. Ini bisa nada lakukan untuk lebih memberikan tekanan pada effect-effect yang ingin anda kemukakan dan memberi hasil yang tersendiri.
  12. Gunakan anak-anak. Suara anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri, terutama jika mereka bersikap sangat wajar. hanya harus diingat, tentang pesan yang disampaikan. Jika tidak terlalu wajar akan membuat orang antipati. Lagipula sekarang sudah begitu banyak anak-anak digunakan.
  13. Ex-bintang atau calon bintang. Untuk mencari orang terkenal anda mungkin bisa melakukannya dengan murah jika anda menggunakan mereka yang pernah terkenal atau akan terkenal dan jelas perlu publisitas.
  14. Suara yang berwibawa. Ini terutama pada pesan langsung, dimana pendengar akan meras lebih yakin akan kesungguhan pesan jika disampaikan oleh suara yang berwibawa.
  15. Guanakan lagu populer atau standar. Anda bisa membelinya, atau menciptakannya, atau memakai suatu tune yang sudah bias ada di masyarakat, misalnya : lagu bujangan (Koes Plus)
  16. Perubahan karakter. Akan sangat menarik jika nada memakai karakter yang misalnya biasanya terkenal buas disinetron, bersikap lembut di iklan anda.

1 komentar:

Poskan Komentar