Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Pembentukan Paguyuban Pecinta Wayang (PPW)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Kebudayaan Daerah Jatim Dan Pembentukan Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) - Banyak hal menarik dari seni dan kebudayaan yang terdapat di propinsi Jawa Timur. Banyak kesenian khas yang menjadi ciri khas dari budaya yang terdapat di daerah Jawa Timur.

Propinsi yang ada di bagian timur pulau jawa ini memiliki banyak keunikan, diantaranya adalah kebudayaan dan adat istiadat dari di Jawa Timur.Seperti halnya seni wayang kulit juga sangat populer di kawasan ini.Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata Ma Hyang artinya menuju kepada yang maha esa, . Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir. Untuk dapat memahami cerita wayang(lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji.
Namun sayang, perlu adanya usaha untuk mempertahankan kesenian tersebut agar tidak di lupakan oleh generasi penerus.
Kapan hari itu aku sempan ikut ngumpul bareng Mas Ali Mustofa dkk.Mas Ali adalah  salah satu tim dari Blog WAYANG PRABU situs wayang terbesar dan paling komplit.

Demi melestarikan Budaya terutama Budaya Jawa maka kami PPW Jawa timur:
  • Berusaha untuk membentuk Team atau pengurus PPW Daerah Jawa timur.
  • Mencoba mengajak berbagai kalangan untuk ikut terlibat didalam PPW.
  • Mengajak unsur pelaku seni untuk ikut bergabung didalam PPW.
Tujuan atau misi kami PPW Jawa timur:
Visi  : Ikut melestarikan budaya,terutama Wayang sebagai budaya dunia dengan berbagai cara yang kongret.
Misi :
  • Meningkatkan popularitas wayang di kalangan muda.
  • Adanya kerja sama antara PPW dan para pelaku seni di Jawa timur
  • Progam digitalisasi Wayang Segera tercapai secara maksimal.

Progam kusus di PPW Jawa timur antara lain :
  • Progam digitalisasi
  • Mengumpulkan buku-buku Wayang gagrak Jawa timuran yang sudah tidak terbit lagidari percetakan untuk dokumentasi secara didigitalisasi.
  • Mengumpulkan koleksi Audio(Pita Kaset) dalang Jawa timuran untuk di konfert atau di Digitalisasi dengan tidak melanggar hak cipta Audio Recording.
  • Kerjasama saling menguntungkan antara PPW dan pelaku seni dalam rangka melestarikan Budaya Wayang Khususnya Gagrak Jawa timuran.
  • PPW Jawa Timur ikut memonitoring beredarnya VCD/DVD, ataupun MP3 Wayang Bajakan yang dimiliki WP.comyang beredar yang beredar di Jawa Timur untuk di tindak lanjuti sesuai dengan Hukum yang berlaku di indonesia.
PPW Jawa Timur adalah Organisasi Masyarakat non Profityang mengindukPPW Pusat sesuai dengan Progam PPW Pusat yang didirikan pada Tanggal 30 April 2011 di Bandung Jawa Barat.
Semua AD/RT sesuai dan mengacu dengan AD/ART PPW Pusat yang telah di sahkan kementerian terkait.

Paguyuban Pecinta Wayang (PPW) di bentuk sebagai wujud kecintyaan kita pada budaya negeri khususnya Wayang. Terdapat berbagai macam dari berbagai daerah.
Dan kami tidak membatasi pada satu jenis wayang maupun daerah tertentu. Dan sifat dari keikutsertaan dalam paguyuban ini adalah TERBUKA.

Dan bagi Dalang - dalang Jawa timur yang Video atau Audionya ingin diposting atau di Promosikan lewat Radio dan Internet dapat mengirimkan CD/VCD/DVDnya ke:
  1.   RadioKurnia FM Tlp.0355.792 083 / 085 235 965 999
  1.   Saudara Ali Mustofa Rt.01/Rw.01 Krajan Rejowinangun Trenggalek.         081932948453

About Kurniafm Trenggalek

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar