17 Mei 2011

Hari Jadi Trenggalek

Berdasar hasil penggalian tim sejarah Trenggalek, yakni Prasasti Kamulan, Kabupaten Trenggalek berdiri pada 31 Agustus 1194 M. Setiap tahun “Hari Jadi” ini diperingati oleh masyarakat Trenggalek dengan menyelenggarakan upacara adat di Pendopo Kabupaten. Sehari sebelum peringatan, dilakukan acara ziarah ke makam-makam leluhur/pendahulu Trenggalek, malam tirakatan, tadarus dan lain-lain. Dan, acara puncak, kirab keliling kota diselenggarakan tepat pada tanggal 31 Agustus

Kirab keliling kota diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat Trenggalek dengan berpakaian adat jawa dan diiringi berbagai kesenian dan permainan tradisional. Pada malam harinya, berbagai pertunjukan kesenian digelar.Termasuk yang tak pernah ketinggalan adalah pagelaran Wayang kulit semalam suntuk,yang setiap tahunya selalu menghadirkan Dalang-dalang Kondang di Indonesia.
Event tersebut merupakan atraksi wisata yang menarik sehingga setiap penyelenggaraannya selalu diramaikan oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Trenggalek.

0 komentar:

Poskan Komentar