Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Memilih Teman Curhat Yang Baik
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tiap orang pasti pernah mengalami masalah baik yang ringan ataupun yang berat. Dalam menghadapi masalah tersebut seseorang butuh teman untuk membantu menyelesaikannya atau sekedar sebagai tempat untuk curhat. Seringkali seseorang yang sedang mengalami suatu masalah, merasa lebih ringan setelah bercerita kepada orang lain. Walaupun belum tentu teman curhat itu bisa menyelesaikan masalahnya. Cukup baginya bila temannya mau mendengar dan memperhatikan keluh kesahnya. Siapapun bisa menjadi teman curhat baik orang tuanya, gurunya, kakak atau adik, teman sekolah, dan lain-lain. Yang paling penting dalam memilih teman curhat yang baik adalah yang jujur, bisa menjaga rahasia, dan benar-benar sayang pada kita serta menginginkan kebaikan untuk kita. Ketika teman kita ingin curhat, maka yang harus kita lakukan adalah menjadi pendengar setia. Orang yang sedang gembira, sedih, kalut, dan sebagainya tidak hanya membutuhkan nasihat tapi juga orang yang mau mendengar ceritanya. Maka tidak bijaksana jika kita banyak menasihati sebelum teman kita mencurahkan apa isi hatinya. Karena bisa jadi apa yang dia mau berbeda dengan apa yang kita pahami. Ada beberapa tips menjadi pendengar setia di antaranya adalah:
  1. Penuhi permintaan teman ketika diajak untuk mendengar ceritanya.
  2. Pilih tempat yang tenang supaya tidak banyak gangguan dari orang lain (misalnya anak-anak).
  3. Ketika teman mulai bercerita, hadapkan wajah dan badan kepadanya serta tatap matanya sebagai wujud bahwa kita memeperhatikannya.
  4. Dengarkan sungguh-sungguh apa saja yang diucapkannya dan pahami, jangan memotong pembicaraannya kecuali jika benar-benar penting.
  5. Bertanyalah jika memang ada yang tidak jelas, tapi jangan sekali-kali memintanya untuk mengulangi ceritanya karena itu tandanya kita tidak sungguh-sungguh memperhatikannya.
  6. Berilah nasihat dengan kata-kata yang baik dan singkat tapi bermakna luas.
  7. Jangan mendengarkan curhat teman sambil melakukan aktifitas yang lain seperti mengoperasikan hp, membaca, menulis, dan sebagainya.
Seorang sahabat sejati adalah sahabat yang mau bersama-sama di saat senang maupun susah, lapang maupun sempit. Dia selalu menginginkan kebaikan untuk sahabatnya dan benci jika ada keburukan yang menimpa sahabatnya serta tidak segan untuk menegur sahabatnya jika melakukan kesalahan.

About Kurniafm Trenggalek

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar