Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Waspada Bergaul di Dunia Maya
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Bergaul di dunia maya memang menyenangkan. Tapi kalau tidak waspada bisa-bisa menjadi korban psikopat atau pelaku kriminal yang mencari mangsa di Internet. Demi meminimalkan kasus tersebut, portal “gaul” MySpace.com mulai pekan ini merilis layanan publik untuk mengedukasi pelanggannya. Pengguna MySpace yang mayoritas adalah remaja usia belasan akan mendapat arahan dan pengetahuan ihwal bahaya para “predator” seksual di dunia maya.

My Space, salah satu News Corp merupakan situs ajang pergaulan sejenis Friendster, Orkut, maupun Yahoo360. Anggota layanan bergaul MySpace sudah mencapai lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia. Mirip dengan Friendster, anggota dapat memajang profil diri beserta foto dan selera musik atau kegemaran lainnya. Dengan demikian, sesama anggota dapat saling berkenalan, berkirim pesan, tanpa dibatasi ruang dan waktu. Fasilitas ini kerap disalahgunakan oleh oknum tertentu yang memang mengincar remaja sebagai target utama. Mereka bisa menyamar sebagai remaja juga dan bergabung dengan MySpace.

Banyak sekali trik tipuan yang dilakukan para “predator” seks ini. Ini kerap berakhir dengan kasus penculikan atau pemerkosaan.

Edukasi tentang bahaya para predator tersebut diadakan dalam bentuk kampanye agar remaja dan orang tua sama-sama waspada terhadap oknum di Internet. Tidak tanggung-tanggung, kampanye dilakukan melalui jaringan penyiaran televisi dan situs Fox Networks Group, hingga ke harian New York Post. Kampanye tersebut memperingatkan remaja dan orangtua bahwa para psikopat seksual seringkali menggunakan chat room online, forum, serta situs gaul untuk mencari mangsa empuk.

Berdasar catatan MySpace, sebanyak 22 persen anggota yang teregistrasi berusia di bawah 18 tahun. Batas usia keanggotaan situs ini adalah 13 tahun, jauh lebih muda dibanding situs gaul sejenis yang mengharuskan anggotanya minimal berusia 16 tahun. MySpace menyediakan fitur di mana profil diri anggota berusia di bawah 15 tahun hanya dapat diakses oleh temannya sendiri.

Kasus pelecehan seks yang berawal dari perkenalan di Internet sudah kerap terjadi di seluruh dunia. Kasus paling anyar terjadi bulan lalu di mana dua orang lelaki ditahan karena telah melakukan pelecehan seks pada dua perempuan belia usia 11 dan 14 tahun asal Connecticut.

Mereka berkenalan dengan pelaku di portal MySpace. Mereka menya-takan telah melakukan seks secara paksa oleh pria-pria yang usianya jauh di atas mereka, padahal saat berkenalan, pria-pria tersebut mengaku berusia lebih muda.

Associated Press mencatat hingga saat ini sudah tercatat delapan kasus serupa yang terkait dengan MySpace.com. Para korbannya rata-rata adalah remaja di bawah umur dan mempunyai account di situs pertemanan tersebut.

Sumber : http://www.sinarharapan.co.id/berita/0604/13/ipt01.html

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar