Select Menu

,

,

Slider

Haji & Umroh

Motivasi

Serba Serbi

Trenggalek

Kesehatan

Videos

» » Falsafah Jawa Sebagai Pembelajaran Berperilaku Dalam Hidup
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Saya teringat sebuah falsafah Jawa yang sekiranya bisa menjadi pembelajaran terhadap perilaku kita selama hidup. Saya sudah lama mendengar falsafah ini namun entah dimana. Falsafah ini begitu terngiang-ngiang di benak saya karena maknanya yang begitu dalam. "Sak begja-begjane wong kang begjo, isih becik wong kang eling lan waspodo", seperti yang ditulis oleh Raden Mas Ronggowarsito.
Saya mencoba menyimpulkan makna yang terkandung di dalamnya yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran hidup bagi saya dan juga Anda semua. Pembelajaran pertama kita sebagai manusia diharapkan untuk selalu ingat dengan Sang Pencipta saat kita masih dikaruniai kemampuan bernafas. Selalu sadar diri bahwa kita hidup bukan untuk di dunia saja tapi masih ada kehidupan yang kekal setelah ini. Kita harus selalu memiliki tujuan hidup yang tentunya membawa kebaikan dalam dalam hidup kita yang tentunya harus sejalan dengan jalan Sang Pencipta.

Pembelajaran yang kedua bahwa kita hendaknya selalu waspada dengan apa yang akan terjadi. Jadi bisa diartikan, selalu siapkanlah hati Anda untuk menghadapi apapun yang terjadi kepada Anda. Janganlah terlalu gembira apabila ada mendapat kebahagiaan, bukan berarti tidak boleh merasa senang tapi janganlah terlalu larut dalam kebahagiaan sehingga melupakan siapa diri Anda. Juga ketika Anda mendapat kesusahan, selalu siapkan mental Anda bahwa kehidupan tidak selalu dalam keadaan yang mapan. Terkadang Sang Pencipta memberi cobaan kepada kita, disitu kata waspada sangat berperan untuk pembelajaran sikap kita.
Masih banyak falsafah Jawa lain yang bisa menjadi pedoman hidup bagi kita semua dalam kehidupan sehari-hari.

About RK Entertain

Radio Kurnia FM Trenggalek"-Informasi Music Dan Budaya" Telp.0821 4107 4555 SMS.0821 4107 4666
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar